Breaking News

Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Ada yang blognya udah cukup umur, tapi pengunjungnya kok segitu-segitu aja? Inilah yang terkadang membuat cemas para blogger. Mungkin blog kita sudah lama dibangun, artikelnya pun sudah lumayan, tapi kenapa sih blognya masih sepi juga. Jika kita sekarang sedang ada dalam kondisi ini, Janganlah cepat menyerah. Lebih parahnya, janganlah terpikir untuk berhenti blogging. Mari kita evaluasi untuk memperbaiki kesalahannya.

Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Marilah kita meneliti poin-poin dibawah ini untuk mencari penyebab blog sepi pengunjung. 

Baca Juga : Google Trends Sangat Berguna Bagi Blogger

1. Judul Tidak Menarik

Tahukah anda, bahwa judul adalah bagian pertama yang dilihat orang sebelum mengklik lalu membaca artikel. Jika dari judulnya saja sudah tidak menarik, bagaimana orang terpancing untuk mengklik link artikel kita? Judul juga harus relevan dengan artikel. Bayangkan bila kita membuka artikel berjudul “Soto Ayam”. Setelah diklik dan masuk ke artikelnya ternyata pembahasannya mengenai pembuatan Cireng, apa yang akan anda lakukan? Otomatis kita segera menutup artikel tadi dan mencari artikel lain yang lebih baik. Pengunjung tersebut akan kecewa dan kapok kembali lagi.  

Pernah saya baca dalam sebuah artikel, disana dikatakan bahwa Judul artikel yang baik adalah judul yang bisa membuat orang penasaran. Rasa penasaran inilah yang spontan mendorong seseorang mengklik lalu membaca artikel. Sebenarnya ada banyak artikel yang membahas mengenai cara membuat judul menarik, dan dengan mudah kita bisa mencarinya di Google. Pelajari artikel sebanyak-banyaknya agar ilmu dan perbendaharaan kata kita semakin bertambah lagi.

2. Artikel Tidak Berkualitas

Coba di cek apakah kita sudah membuat artikel yang sangat dibutuhkan orang, informasinya valid? Tujuan utama para pengunjung membaca artikel adalah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Sebuah artikel sepanjang apapun kalau isinya kosong (tanpa informasi), yah buat apa? Pengunjung akan merasa waktunya sudah terbuang karena membaca artikel kita tapi tidak mendapat apa-apa. Jangan pernah membuat artikel asal-asalan karena itu akan menurunkan kredibilitas blog kita. Sangat disarankan untuk melakukan riset sebelum membuat artikel dengan tujuan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya.

Selain itu, penggunaan kata-kata dalam artikel pun harus jelas dan baik. Jangan pernah mencoba menggunakan istilah yang hanya dimengerti oleh kalangan tertentu saja. Gunakanlah istilah yang umum sehingga semua orang bisa mengerti dan enak untuk membaca artikel kita.

3. Kuantitas Postingan Berkurang

Awalnya mungkin kita semangat menulis, sehari bisa 4-5 artikel. Hingga tiba pada saat kita sedang bosan dan jumlah artikel yang dibuat perharinya berkurang. Tingkat produktivitas kita bisa menurun karena rasa bosan atau kehabisan ide. Jangan biarkan ini terjadi terlalu lama karena ini akan merugikan blog kita. Para pengunjung setia blog bakal lupa kalau blog kita masih hidup.

Memang wajar jika blogger ingin beristirahat dari kegiatan blogging untuk sementara waktu. Tapi kita harus tetap produktif dan tetap mencari ide untuk bahan tulisan artikel selanjutnya. Kita pun bisa menyiasati hal ini dengan membeli beberapa atrikel untuk diatur penayangannya setiap hari, agar blog bisa tetap aktif

4. Loading Blog Lambat

Proses memuat yang terlalu berat, membuat pengunjung tidak nyaman. Bahkan hal ini juga dibenci mesin pencari seperti Google. blog kita tidak akan di rekomendasikan kepada pembaca. Google sangat menyukai blog yang loadingnya ringan dan selalu menempatkannya di peringkat atas mesin pencarian Google. Ukuran gambar yang terlalu besar, iklan yang terlalu banyak, jumlah artikel yang terlalu banyak ditampilkan di halaman Home, inilah beberapa faktor yang bisa membuat Blog kita lambat untuk diakses.

Carilah cara-cara untuk meringankan loading blog agar blog kita semakin cepat diakses. Atur jumlah iklan dan artikel yang ingin ditampilkan di halaman depan untuk mengurangi beban saat loading blog. Semakin cepat halaman blog kita bisa diakses akan mempengaruhi kenyamanan bagi para pengunjung.

Baca Juga : Penyebab Loading Blog Anda Lambat

5. Kurang Backlink

Coba mulai bangun backlink menuju URL artikel blog kita. Sumber backlink inilah yang akan menjadi sumber traffic bagi artikel kita. Semakin banyak sumber backlink yang bermuara ke blog kita, maka akan semakin banyak juga pengunjung yang datang membaca artikel. Gunakan juga media sosial yang kita punya sebagai sumber backlink dengan mencantumkan alamat web di bagian profil.

Selain jumlah backlink,, perhatikan juga kualitas sumber backlink. Pilih website dengan peringkat atas untuk menjadi sumber backlink bagi blog kita. Jangan asal menempatkan backlink apalagi dari blog abal-abal, karena ini tidak ada gunanya bagi blog kita. Periksa dulu peringkat website mereka di Google, sebelum kita memasang backlink disana.

6. Salah Teknik SEO

Teknik SEO (Search Engine Optimization) sangat diperlukan dalam merebut halaman utama mesin pencarian Google. Kalau kita salah dalam menerapkan teknik untuk optimasi SEO, kemungkinan besar blog kita gak akan ada kemajuan. Jumlah pengunjung pun tidak akan meningkat, malah bisa jadi turun. Perdalam teknik SEO dengan benar dan terapkan sekarang juga pada blog, Dijamin pengunjung blog kita akan meningkat tajam.

Seo itu sangat berguna bagi dunia blogging karena memudahkan audiens menemukan blog kita, menjaring target audiens yang tepat, membangun brand awareness, Sebagai investasi (peluang bisnis) dimasa yang akan datang.

7. Belum Terindeks Google

Ada istilah tak kenal maka tak sayang. Coba cek dan pastikan blog yang sudah dibuat terintegrasi dengan webmaster tool dan juga peta situs sudah disubmit ketika posting artikel. Tujuannya adalah untuk mengenalkan kepada Google bahwa kita memiliki blog. Gimana Google mau merekomendasikan blog kita di mesin pencarian jika tidak mengenal blog kita.

Daftarkan sekarang juga blog yang dibuat ke Google Webmaster. Karena tool yang dibuat Google ini akan membantu artikel anda cepat terindeks Google.

Baca Juga : Tips Ampuh Membuat Artikel Blog Cepat Terindeks Google

8. Kurang Promosi

Apakah kita sudah maksimal dalam mempromosikan blog kita? Yuk coba mulai gencar blogwalking, gabung komunitas dan saling share link. Jangan lupa, gunakan media sosial sebagai tempat promosi semua artikel yang sudah kita buat. Setiap beres membuat artikel, langsung bagikan ke media sosial agar teman-teman kita bisa tau ada artikel baru yang sudah kita buat.

Kita bisa juga membuat sticker atau pernak-pernik blog dan membagikan kepada teman-teman kantor atau dimanapun, agar mereka ingat terus dengan blog kita. Kalau ada dana lebih, tidak ada salahnya kita memasang iklan di Google atau website besar.

9. Kena Penalty Google

Google punya aturan yang tegas, sehingga bisa menghukum blogger yang nakal. Bisa jadi karena spam komentar atau banyaknya backlink dari situs yang tidak jelas. Taatilah peraturan Google agar blog kita bisa tetap aman. Artikel yang sudah kita usahakan untuk tampil di halaman utama pencarian Google pun bisa kena deindex dan menghilang.

Google sering melakukan deindex kepada artikel-artikel curang demi memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya. Para pengunjung tidak mungkin diarahkan kepada blog yang dianggap bermasalah.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Visitor Blog 1000 per hari

Demikianlah tadi poin-poin yang menyebabkan blog kita sepi dari pengunjung. Lakukan evaluasi dan perbaiki setiap kesalahan untuk membuat blog kita semakin ramai dikunjungi orang. Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

19 komentar:

  1. kak mau nanya. beli artikel terus dipasang sesuai jadwal maksudnya bagaimana ya. Beli artikel dimana memangnya kak?? trimakasih atas ilmu nya ya kaak smoga blog saya semakin ramai huhuhuhuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misalkan beli 5 artikel trus setting publishnya sesuai tanggal waktu kita liburan. Kalo beli artikel banyak kak cari di Google. Di saya juga bisa tinggal kontak aja

      Hapus
  2. Sebagai newbie dalam dunia blog masih belajar buat ningkatin pengunjung hihi thanks yaa kak sudah sharing

    BalasHapus
  3. Saya udh lama juga ngeblog,, dan pv per hari cuman mentok di angka 1k. Yg saya fikir, saya kurang pandai membuat judul..

    BalasHapus
  4. Sepertinya teknik SEO saya masih sangat kurang ya, selain itu backlink juga. Wah terima kasih infonya min..

    BalasHapus
  5. Terima sudah sharing infonya. Berguna sekali buat pemula seperti saya. Bisa belajar dan dipraktekin biar blognya g sepi-sepi amat hehe...

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat, ilmu untuk saya juga sebagai blogger pemula.
    terus meningkatkan ilmu dalam dunia blogging saya,
    terimakasih kak

    BalasHapus
  7. Betul banget nih. Terpenting teknik SEO emang harus diterapkan supaya optimasinya bagus di search engine. Kalau di Wordpress bisa pakai Yoast SEO, kalau di Blogger semua kolomnya harus diisi.

    BalasHapus
  8. Betul banget ni mas, Banyak yang bilang para suhu di dunia blog paling utama yang harus diperhatikan adalah artike, artikel bisa dibilang sebagai raja. karena kalau artikel kita tidak berkualitas siapa yang ingin berkunjung untuk membaca, terimakasih mas informasinya

    BalasHapus
  9. Saya pernah ngalamin trafik blog turun sampai nol. Ternyata sebabnya malware, setelah dibersihin trafik ada lagi sih tapi selama sekitar seminggu beneran nggak ada visitor.

    BalasHapus
  10. Saya buat blog cm sebatas hobi, gak mikirin list2 diatas. Pantes ya trafiknya gak banyak. Btw thanks kak infonya, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  11. Saya juga pernah tuh, mengalami trafic blog turun. Ternyata usut punya usut penyebabnya adalah loading lambat dan backlink.

    Tanpa backlink kemungkinan untuk menjuara pageone Google membutuhkan waktu yang lumayan lama, sehingga memicu terjadinya trafic low tadi 😉

    BalasHapus
  12. Untuk aku yang blogger pemula, beberapa cara diatas perlu banget di terapin nih, supaya kualitas blog semakin hari semakin baik

    BalasHapus
  13. Tulisan informatif. Saat ini mengejar traffic dan blog terdeteksi di mesin pencari google menjadi bahan balapan para blogger.

    Saya lihat, blogger yang muncul di daftar page one adalah blogger2 dg tulisan bagus dan informatif seperti saat ini ...

    BalasHapus
  14. Tulisan informatif.

    Saya banyak mengakui jika tulisan bagus dan informasi yg disajikan runtut pasti banyak yag suka seperti yang ditulis blog ini. Nice ...

    BalasHapus
  15. Tambahin, Min. Persaingan keyword yang didominasi media online juga memang sulit saat ini karena algoritma mesin pencari lebih prioritas terhadap situs web yang sudah punya kredibilitas tinggi*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok. Makasih kak tambahan informasinya

      Hapus
  16. Yang penting adalah kontennya ya kak. Karena kalau judul menarik tapi kontennya nggak sesuai atau klik bait juga nggak enak buat dibaca. Dan yang penting lagi belajar dan sabar. 😊

    BalasHapus
  17. dari sekian hal, yang paling saya malas adalah praktek SEO

    BalasHapus