Breaking News

Apa Itu Content Writer ?

Mungkin sejak kecil anda punya hobi menulis, tapi masih bingung gimana cara mengembangkannya. Anda bisa menjadi penulis konten Di zaman semua serba digital, profesi kekinian ini kayaknya semakin banyak diminati oleh orang-orang. Bahkan banyak perusahaan dengan brand terkenal mulai berminat dan melirik penulis konten sebagai rekan bisnisnya. Jadi pingin jadi content writer juga deh…

Buat kalian yang tertarik ingin menekuni bidang tulis menulis dan menjadi seorang content writer, mari kita kenali dulu lebih dekat. Kita harus memahami terlebih dahulu apa itu content writer? Skill apa aja sih yang harus dimiliki? Dan kerjanya ngapain aja? Mari kita bahas satu persatu.

Baca Juga : Blogginglah Dengan Hati, Bukan Mengejar Rangking

Content Writer

Melansir dari sebuah halaman di Copify, conten writer itu adalah seorang penulis profesional yang membuat atau memproduksi konten-konten menarik di media online. Media online ini bisa bermacam-macam bentuknya, bisa di Blog, postingan media sosial, artikel website, dan platform-platform lainnya yang bisa anda temukan di internet.

Content writer ini juga ada banyak jenisnya loh…

Seo Writer, yaitu para penulis yang berfokus pada SEO (search engine optimization). Biasanya mereka menulis konten dengan kata kunci tertentu sesuai dengan yang sudah di atur SEO. Tujuannya adalah agar tulisan mereka bertengger dihalaman utama mesin pencarian Google.

Jurnalistik, yaitu  layaknya para reporter. Biasanya penulis ini bekerja di portal berita, media, atau website online. Mereka juga biasanya menulis untuk customer stories.

Generalist Writer, para penulis tipe ini bertugas membuat konten sebanyak-banyaknya tanpa tema yang ditentukan. Biasanya penulis ini hanya bertujuan untuk membentuk kesadaran akan sebuah brand.

Technical writer, disini penulis menuliskan petunjuk-petunjuk manual dari sebuah produk. Tujuannya adalah untuk menginterpretasikan informasi ke dalam tulisan yang  lebih mudah dimengerti oleh orang awam.

Social media content writer, penulis membuat konten khusus untuk media sosial. Konten yang dibuat harus menarik, up to date, dan interaktif guna menaikan engagement di media sosial milik brand yang mereka Kelola.

 Baca Juga : Inilah Faktor Penghambat Dalam Mencari Ide

 

Skill yang harus dimiliki oleh seorang penulis konten adalah :

1. Memiliki keahlian menulis, mulai dari struktur sampai teknik penulisan

2. Melek dan ikut perkembangan teknologi

3. Peka terhadap tren terbaru atau konten up to date yang sedang ramai dicari orang

4. Mengenal dan mengetahui dasar-dasar SEO

5. Memiliki kemampuan editorial

6. Pandai Menyusun kata-kata yang menarik bagi orang awam

 

Lalu apa saja sih yang dikerjakan oleh penulis konten ?

1. Menulis konten

Yang namanya penulis konten, sudah pasti tugas utamanya adalah menulis konten. Anda harus mencari ide sebanyak-banyaknya agar dapat membuat karya tulis sebanyak- banyaknya.

2. Melakukan riset

Sebelum anda membuat artikel, ada baiknya anda melakukan riset dari berbagai sumber terlebih dahulu. Tujuannya agar semakin banyak informasi yang akan anda tuangkan dalam artikel nantinya.

3. Mengelola dan mendistribusikan konten

Selain menulis konten, melakukan riset, tugas dari seorang penulis konten adalah mengelola dan mengatur jadwal tayang konten.

 Baca Juga : 6 Cara menghasilkan Uang Dari Blogging

Demikianlah penjelasan mengenai penulis konten. Gimana tertarikkah anda menjadi seorang penulis konten? Selain anda menjalani hobi, anda juga bisa menjadikan ini menjadi sebuah profesi yang bisa menghasilkan bagi anda.  Semoga berhasil yah….

 

Tidak ada komentar