Breaking News

Inilah Faktor Penghambat Dalam Mencari Ide

 Tugas utama bagi para Blogger adalah menulis artikel. Tapi untuk mencari ide menulis artikel memang susah-susah gampang. Ide menulis sebenarnya bisa didapat dari mana saja dan di waktu yang tidak terduga. Secara kebetulan kita bisa meperoleh ide pada saat minum kopi dan mengobrol bersama teman-teman. Akan tetapi, terkadang kita juga sulit untuk mencari ide dimanapun. Sebenarnya yang membuat kita sulit mencari ide, bukan karena susahnya mencari sumber berita. Akan tetapi diri kita sendirilah yang membuat kita sulit mencari ide.


Dunia kita begitu luas dengan milyaran penduduk yang hidup didalamnya. Setiap hari, jutaan cerita muncul di dunia ini. Dari sinilah seharusnya kita bisa mencari ide untuk menulis, setidaknya satu artikel per hari. Mencari sebuah ide cerita memang tidaklah mudah, tapi dari kejadian-kejadian diluar sanalah kita bisa memilih sebuah berita yang lagi panas atau yang cocok dengan anda untuk dituangkan kedalam artikel dengan bahasa kita sendiri. Dari sini saja, kita sudah bisa menarik kesimpulan bahwa mencari ide menulis kini tidaklah sulit.

Baca Juga : Tips  Mencari Ide Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Seperti yang sudah di bahas bahwa kesulitan mencari ide untuk menulis sebenarnya timbul dari diri kita sendiri. Banyak faktor yang menghambat dan membuat kita sulit untuk mendapatkan ide. Apa sajakah faktor penghambat tersebut? Mari kita bahas satu persatu.

1.          Rasa Malas

Inilah musuh nomor satu bagi para Blogger, terutama pemula seperti saya. Jika rasa malas ini muncul maka akan sulit sekali untuk mencari penawarnya. Banyak hal yang bisa membuat kita menjadi pemalas, dan diri kita sendirilah yang lebih mengerti apa penyebabnya. Rasa malas inilah yang akan membuat kita akan kesulitan mencari ide untuk menulis artikel

Biasanya rasa malas ini muncul karena kita tidak merasakan hasil dari apa yang sudah kita kerjakan. Ingatlah, bahwa segala cita-cita kita bisa dicapai dengan perjuangan. Mungkin yang kita kerjakan sekarang, belum terasa hasilnya. Tapi kita harus tetap berjuang untuk bisa membuat Blog kita terkenal dan siapa tahu juga nantinya bisa menghasilkan uang.

2.          Tidak Fokus

Seperti sudah dibahas di atas, bahwa sebuah ide bisa didapat dimanapun di waktu yang tidak terduga, seperti di warung kopi. Dari warung kopi inilah banyak cerita yang bisa kita gali dalam pembicaraan bersama teman-teman. Tapi disini jugalah terkadang kita menjadi kurang fokus dan terlalu terbawa arus pembicaraan, sehingga kita tidak menemukan ide apa-apa. Padahal dari obrolan di warung kopi, kita bisa menggali informasi dari yang kurang serius seperti pengalaman berlibur, kemacetan jalan, sampai ke pembahasan serius seperti trik menghadapi bos galak.

Baca Juga : Youtube : Taman Luas Mencari Ide Menulis Artikel

Dari tempat seperti warung kopi inilah seharusnya kita bisa mendapat banyak informasi yang nantinya bisa menjadi ide dan akhirnya kita tuangkan menjadi sebuah artikel. Kita pun bisa langsung bertanya kepada narasumber untuk mencari informasi yang lebih jauh lagi. Warung kopilah yang menjadi tempat terbaik mencari ide bagi saya. Karena selain menyenangkan, biayanya pun murah.

3.          Tidak Peduli

Dunia dengan berjuta kisah di setiap harinya, pastinya ada saja kejadian yang terjadi. Kadang rasa kurang peduli kita akan hal ini, membuat kita jadi kurang update atau bahkan tidak tahu apa yang sedang terjadi di dunia. Anda akan jauh dari ide-ide menarik yang seharusnya bisa anda dapatkan dari menonton berita.

Perbanyaklah membaca Koran, dengar radio dan luangkan waktu menonton berita untuk mengetahui hal apa yang sedang terjadi dan ramai di dunia ini. Catat poin-poin penting dari berita tersebut dan kemudian jabarkan kembali menjadi sebuah artikel menurut bahasa anda sendiri. Rasa peduli kita mengenai suatu hal, akan membuat kita mencari informasi yang lebih banyak lagi dari berita tersebut. Dan ini bisa menjadi sebuah ide dalam membuat artikel.

 Baca Juga : 11 Keuntungan Menjadi Blogger

Itulah tadi poin-poin yang bisa menghambat kita dalam mencari ide untuk menulis artikel. Cobalah untuk menghindari poin-poin di atas agar anda bisa tetap berkreasi dalam menulis. Jika anda mempunyai poin lain selain poin diatas, silahkan tuliskan di kolom komentar, agar pembaca lain bisa mendapatkan informasi lebih disini.

Sekian dulu artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi kita semua….Salam Blogger…..

Tidak ada komentar