Breaking News

Jangan Takut !!! Inilah Pengalaman Saya Vaksin Covid-19

Salah satu langkah yang diambil pemerintah untuk mengatasi penyebaran virus Corona adalah dengan mendatangkan Vaksin Covid-19. Vaksin yang diproduksi oleh produsen Sinovac dari Cina sudah sampai di Indonesia sejak Desember 2020 lalu. Vaksin Covid inipun sudah mulai digunakan dan disebarkan kepada masyarakat pada bulan Januari 2021, Dan Presiden Jokowi lah yang menjadi orang pertama menerima vaksin tersebut.

Vaksin Covid Aman


Memang sejak dikabarkan bahwa vaksin Covid-19 ini sampai di Indonesia, muncul berbagai isu tentang vaksin ini. Isu-isu tersebut membuat masyarakat menjadi ragu tentang keamanan dari vaksin ini. Hal  inilah yang membuat tidak sedikit masyarakat yang menjadi takut dan menolak untuk di vaksin. Tetapi semua isu itu adalah tidak benar. Karena pemberian vaksin Covid-19 adalah cara yang paling tepat untuk memutus mata rantai penyebaran virus, selain penerapan protokol kesehatan.

Pemerintah akan mendistribusikan vaksin Covid-19 ini secara bertahap

Tahap 1 : Untuk Tenaga kesehatan

Tahap 2 : Untuk petugas publik dan Lansia (di atas 60 tahun)

Tahap 3 : Untuk masyarakat dengan resiko penularan tinggi

Tahap 4 : Masyarakat umum

Melalui artikel kali ini, saya ingin berbagi pengalaman saya setelah mendapatkan 2 kali vaksin Covid-19. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah agar masyarakat tidak merasa takut dengan vaksin Covid-19 dan mau mengikuti program pemerintah untuk menerima vaksin demi mengatasi masalah Corona di Negara Indonesia.

Saya adalah seorang admin di salah satu rumah sakit di kota Bandung. Sesuai peraturan pemerintah, bahwa semua tenaga kesehatan (termasuk saya) wajib menerima vaksin Covid-19, maka saya mau dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin tersebut. Akhirnya saya terdaftar untuk menerima vaksin pertama pada tanggal 20 Januari 2021.

Pada tanggal 20 Januari 2021, saya langsung pergi ke rumah sakit tempat saya mendaftar untuk mendapatkan vaksin tersebut. Sebelum dilakukan vaksin, para tenaga medis akan kembali mendata semua peserta, di check tensi, dan ada sedikit wawancara mengenai riwayat kesehatan. Saya juga diberikan informasi mengenai vaksin yang akan diberikan sebelum dilakukan tindakan. Dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat akhirnya semua pengunjung yang sudah terdaftar satu persatu diberi vaksin secara aman.

Baca Juga : 15 Tahun Wanita Ini Berpura-pura Lumpuh Demi Tunjangan Ratusan Juta

Setelah diberi vaksin, para peserta pun tidak bisa langsung meninggalkan tempat tersebut karena semua peserta akan dipantau efek sampingnya terlebih dahulu selama 30 menit di ruang tunggu yang sudah disediakan oleh para tenaga medis. Jika selama 30 menit dirasa aman dan tidak ada efek samping yang berbahaya, barulah kita bisa meninggalkan tempat vaksin tersebut. Petugas Medispun tidak lupa akan memberikan informasi mengenai jadwal pemberian vaksin kedua, yang biasanya dilakukan setelah 3 minggu dari pemberian vaksin tahap pertama

Lalu apa yang akan dirasakan setelah pemberian vaksin Covid-19 tersebut? Saya bertanya kepada beberapa teman saya yang sudah melakukan vaksin, dan ternyata jawaban mereka tidak semuanya sama. Ada yang merasa sedikit pegal di tangannya, ada yang merasa ngantuk, ada yang merasa napsu makannya bertambah. Tapi semuanya itu tidak berlangsung lama, hanya terjadi 1-2 hari saja. Yang saya rasakan sendiri adalah sedikit ada rasa ngantuk tapi itu tidak berbahaya dan hanya terjadi sehari saja. Keesokan harinya badan terasa kembali segar dan tidak ada efek samping yang lainnya.

Tibalah pada tanggal 3 Februari 2021, dimana saya mendapatkan jadwal mendapatkan vaksin Covid-19 kedua. Segala prosedurnya sama dengan pemberian vaksin pertama, dan semuanya berjalan secara aman. Hanya saja efek samping dari pemberian vaksin kedua ini agak berbeda dengan yang pertama. Kali ini saya hanya merasa tangan saya yang pegal, tapi itu juga hanya berlangsung 2 hari saja. Dan tidak ada efek samping lagi kedepannya.

Baca Juga : Matahari Buatan Cina Berhasil Dinyalakan

Setiap selesai pemberian vaksin, anda akan mendapatkan sertifikat seperti gambar berikut ini

Sertifikat Vaksin

Demikianlah sedikit berbagi pengalaman saya setelah melakukan dua kali vaksin Covid-19. Semoga saja program Pemerintah ini bisa berjalan lancar dan cepat mengatasi penyebaran virus Corona. Marilah kita terus menjaga kesehatan dan tetap mendukung semua program Pemerintah. Jangan takut karena vaksin Covid-19 ini aman dan saya sudah membuktikannya. Jika ada pertanyaan yang ingin anda tanyakan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah ini.

2 komentar:

  1. Trimaksih telah berbagi pengalaman yang berharga ...untuk jadi referensi kita..klo vaksin covid-19 itu aman..

    BalasHapus
  2. Terimakasih untuk informasinya yang bisa menenangkan masyarakat

    BalasHapus