Breaking News

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Online

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, maka bisnis online sekarang sudah menjadi trend bagi orang-orang untuk mencari penghasilan tambahan. Bahkan ada yang menjadikan bisnis online ini menjadi sumber penghasilan utamanya. Mungkin anda juga sekarang ingin mengikuti trend tersebut, akan tetapi anda masih bingung mengenai apa yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis online.  

bisnis online

Untuk memulai bisnis online, ada hal yang harus anda persiapkan sebelumnya. Melalui artikel kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai hal-hal apa saja yang harus anda persiapkan untuk bisa memulai bisnis online. Silahkan anda baca dengan seksama.

Baca Juga : Strategi Yang Tepat Untuk Memaksimalkan Bisnis Online Anda

Dalam memulai bisnis online, anda hanya perlu mempersiapkan beberapa hal berikut :

 

1. Produk

 

Sebelum anda memulai bisnis online seperti jualan, anda harus tentukan dulu produk apa yang ingin anda jual. Anda harus mengetahui terlebih dahulu detail produk, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari produk yang anda tawarkan tersebut. Hal ini sangat penting karena jika anda tidak mengetahui produk yang akan anda jual, anda mau jualan gimana?

 

2. Target Pasar

 

Setelah anda menemukan produk yang ingin dijual, anda harus menentukan target pasarnya. Anda harus mengetahui produk anda itu untuk siapa? Siapa saja yang membutuhkanya? Apakah mahasiswa? Ibu rumah Tangga? PNS? Dan sebagainya. Jangan sampai salah target yah…

 

Anda juga harus bisa menganalisa rentang usia target, gender, habbit, minat, pekerjaan. Wilayah dan sebagainya. Dengan begitu, anda akan lebih mudah menentukan target dalam menjualnya.


Baca Juga : 4 Penyebab Anda Gagal Di Bisnis Online

 

3. Channel Marketing

 

Kemudian, anda harus menentukan channel jualan. Apakah produk anda mau dijual di sosial media seperti facebook atau Instagram? Atau mau menjualnya di WhatsApp? Pilihlah channel yang sedang menjadi trend saat ini. Jika anda salah menentukan channel, maka kerja keras anda akan sia-sia karena barang jualan anda tidak akan ada yang melihatnya.

 

Jika anda memiliki modal lebih, tidak ada salahnya anda memasang iklan di channel yang tepat agar bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

 

Tentu anda harus mendalami ilmu sosial media marketing terlebih dahulu. Jika sudah menentukan channel marketing, anda bisa mulai untuk belajar sedikit demi sedikit berjualan menggunakan channel yang anda inginkan.

 

4. Bahan Promosi

 

Untuk berjualan online, anda perlu yang Namanya konten. Entah itu copywriting, gambar, video dan sebagainya.

 

Hal ini sangat penting karena anda itu berjualan online, yaitu tanpa tatap muka. Jadi konten inilah yang mewakili produk yang ingin anda jual. Nah, jadi siapkan konten promosinya ya.

 

5. Mulai Jualan

 

Ketika semua sudah siap, anda bisa memulai jualan. Anda bisa mulai untuk berpromosi,mengumpulkan leads, blast, dan follow up dengan bantuan admin atau anda sendiri. Semuanya kembali kepada kemampuan anda dalam mengembangkan bisnis online anda.


Baca Juga : Tips Perencanaan Untuk Membangun Bisnis Online Yang Sukses

 

 

6. Mental Tidak Cepat Menyerah

 

Kesuksesan bisa dicapai jika anda tidak cepat menyerah. Banyak pengusaha sukses yang mengalami kegagalan dalam usaha pertamanya. Akan tetapi mereka tidak menyerah. Mereka akan menganalisa segala kesalahan dan segera memperbaikinya lalu melanjutkan usahanya lagi.

 

Jika anda gagal di awal, janganlah cepat menyerah. Karena kegagalan itu bisa menjadi awal dari kesuksesan

 

Demikianlah 6 hal yang harus anda persiapkan sebelum memulai bisnis online. Semoga anda bisa menjadi pebisnis online yang sukses setelah mempersiapkan 6 hal di atas tadi.

 

Demikian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih

Tidak ada komentar