Breaking News

Panduan Bisnis Online Buat Pemula

Memulai bisnis online tidaklah sesulit yang dibayangkan jika  anda telah memiliki panduan bisnis online yang tepat, justru anda akan menikmatinya dan tak pernah menyangka kalau begitu mudah mengawali bisnis online. Apalagi setelah berjalan dan hasilnya bisnis online anda mulai menghasilkan uang, hemm... pasti anda tak akan mau bekerja offline lagi.


Bisnis Online

 

Beberapa panduan bisnis online yang musti anda perhatikan.!!!


Baca Juga : Tips Perencanaa Untuk Membangun Bisnis Online Yang Sukses

 

Jadi, bagaimana? Saran saya, mulailah dari A sebelum sampai ke Z. Ikutilah panduan bisnis online berikut ini secara berurutan untuk mulai membangun bisnis online anda.

 

1. Tentukan Tujuan Bisnis dan Anggaran Dana


Apa tujuan anda berbisnis online? “Ya jelas menghasilkan uang!” pasti anda jawab begitu. Maksud saya, apa tujuan bisnis online anda untuk mendapatkan konsumen baru atau untuk menyediakan layanan dan sebagai sarana komunikasi dengan para konsumen yang sudah ada? Atau mungkin tujuannnya untuk mengedukasi pasar target market anda? Atau malah barangkali untuk membuat komunitas online? Nah dalam tahap awal ini tentukan juga dana yang akan anda investasikan. Memiliki tujuan dan anggaran investasi yang jelas akan membuat langkah anda menjadi lebih efektif.

 

2. Tentukan Target Market

 

Bisnis modern mengenal yang namanya segmentasi atau target pasar yang akan dituju. Nah, tentukan secara jelas siapa saja target market anda. Apakah semua orang, atau hanya pria atau wanita saja? Berapa umur mereka? Bagaimana kondisi sosial - ekonomi mereka? Berapa rata-rata penghasilan mereka? Apa kata kunci yang biasa mereka cari dan gunakan di search engine?

 

Apa perlu sedetil itu? Ya, lebih detil maka akan lebih baik! Semakin anda paham target market anda, makin mudah bagi anda untuk meluncurkan jurus-jurus marketing anda.


Baca Juga : Tips Membangun Bisnis Dari Awal Hingga Sukses

 

3. Kenali Iklim Persaingannya

 

Dalam dunia bisnis pastinya akan ada yang namanya persaingan. Ketahui dan pahami bagaimana pasar bisnis online yang anda bidik. Seberapa banyak pemain di sana? Bagaimana produk mereka? Pasar mana yang belum tergarap maksimal? Dari sana anda bisa menentukan dimana posisi terbaik anda untuk sukses di pasar tersebut. 

 

Cari kelemahan dari para pesaing anda. Buatlah keunggulan disana yang akan membuat pangsa pasar akan memandang produk anda lebih unggul ketimbang produk-produk yang ada sebelumnya.

 

4. Perhatikan Strategi Marketing Anda

 

Para pebisnis online sukses biasanya yang memiliki strategi marketing yang andal. Maksudnya, mereka memiliki strategi pemasaran yang bisa membuat pesan produk atau layanan mereka bisa sampai kepada target market seperti yang anda diinginkan. Buatlah strategi yang paling jitu yang bisa anda ciptakan.


Baca Juga :16 Alasan Kenapa Bisnis Anda Memerlukan Sebuah Blog

 

5. Mengatasi Masalah

 

Alasan utama kenapa orang membeli atau menggunakan layanan anda adalah untuk memecahkan persoalan yang tengah mereka hadapi. Ingat baik-baik hal ini! Dan tanyakan pada diri anda apakah produk anda mampu mengatasi masalah mereka? Bagaimana cara produk anda melakukannya? Dan apakah solusi yang anda tawarkan memiliki nilai lebih dibanding para pesaing anda?

 

6. Mem-branding Bisnis Internet Anda


Cara mudah pertama membranding bisnis anda adalah dari nama domain. Inilah yang pertama kali membedakan bisnis online anda dengan yang lainnya. Proses branding bisnis online anda bukan hanya dalam soal nama domain. Tapi terutama dalam keseluruhan proses bisnis online anda.  Mulai dari tampilan (template atau desain situs web, font, warna), konten (copywriting, artikel, podcast, video), serta pelayanan.


Demikianlah panduan bisnis online yang bisa saya bagikan bagi para pemula. Sekian dulu artikel kali ini. Terima Kasih

 

Tidak ada komentar