Breaking News

5 Psikologi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Banyak sekali hal yang bisa anda lakukan untuk bisa meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah dengan melakukan strategi marketing menggunakan aspek psikologi. Walau terdengar rumit, tapi pada kenyataanya banyak bisnis yang sukses menggunakan aspek psikologi untuk menarik pelanggan potensial. Pada dasarnya setiap manusia memiliki pemicu mental yang sama untuk mendorong sebuah tindakan.

meningkatkan penjualan

Tidak semua orang belajar psikologi, mungkin juga anda tidak memiliki pengalaman dalam hal psikologi. Melalui artikel kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskannya kepada anda. beberapa hal di bawah ini bisa anda jadikan psikologi marketing untuk meningkatkan penghasilan dalam bisnis anda.


Baca Juga : 7 Kesalahan Dalam Membuat Rencana Bisnis Yang Harus Anda Perbaiki

1. Sesuatu Yang Baru Selalu Mencuri Perhatian

Setiap hal yang baru pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Berdasarkan sebuah penelitian, melihat sesuatu yang baru dapat meningkatkan hormon dopamin yang dihempaskan ke otak.

 

Strategi ini bisa coba anda terapkan untuk meraup keuntungan. Caranya yaitu dengan meng-update produk baru agar pelanggan tidak merasa bosan. Anda harus terus mencari inspirasi agar tercipta ide kreatif untuk menciptakan hal yang baru. Buatlah inovasi terbaru secara berkala

2. Tanamkan Rasa Timbal Balik

Dengan memberikan pengalaman menyenangkan maka dapat menimbulkan hubungan timbal balik yang baik antara bisnis anda dan para pelanggan. 

 

Strategi ini bisa anda lakukan dengan memberi sample makanan atau memberi tambahan atau bonus pada produk anda. Sehingga pada akhirnya mereka merasa perlu memberikan testimoni yang menarik atau melakukan pembelian kembali.


3. Testimoni Sebagai Bukti

Pada saat membeli suatu barang, biasanya pelanggan akan mengecek testimoninya terlebih dahulu. Jika testimoninya memuaskan, maka mereka akan membelinya, begitu pula sebaliknya. 


Baca Juga : 10 Penyebab Kenapa Bisnis Anda Bisa Gagal

 

Anda dapat mencantumkan setiap testimoni positif agar pelanggan tertarik. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan. Jangan pernah menganggap remeh setiap testimoni negatif dari pelanggan karena ini merupakan sebuah masukan yang positif juga bagi bisnis anda. Strategi ini telah terbukti efektif dalam dunia bisnis.

4. Kenyamanan Pelanggan Adalah Segalanya

Psikologi marketing dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip mengutamakan kenyamanan. bisnis yang memberikan kenyamanan bagi para pelanggannya. Hal ini pastinya akan membuat bisnis anda banyak dikunjungi oleh pelanggan. 

 

Kenyamanan yang paling utama bisa ditonjolkan dari segi pelayanan, kemudahan bertransaksi, ataupun dari tampilan website atau aplikasi yang menarik. Pastikan bisnis anda bersih, rapi, dan responsif. Semua informasi yang diperlukan oleh pelanggan harus diberikan secara jelas dan mudah dimengerti.


5. Urgensi dapat Mempercepat Keputusan Pembelian

Pada saat situasi yang mendesak dapat membuat seseorang membuat keputusan dengan lebih cepat. Konsep tersebut cukup dipercayai oleh banyak bisnis di dunia.

 

Anda pasti pernah menjumpai diskon yang hanya berlangsung beberapa hari, kata-kata koleksi terbatas, atau produk tinggal sedikit. Hal ini adalah strategi marketing yang memanfaatkan aspek psikologi.


Baca Juga : 10 Tips Untuk Tetap Termotivasi Dengan Bisnis Anda

demikianlah 5 strategi psikologi marketing yang cukup efektif jika anda terapkan dalam bisnis anda untuk bisa meningkatkan penjualan. Temukan apa yang pelanggan sukai dan apa yang dapat menarik perhatian mereka.

 

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah informasi terbaru bagi anda. Sekian dulu pembahasan kali ini dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda yang sedang menggeluti dunia bisnis. Terima Kasih.

Tidak ada komentar