Breaking News

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Youtuber Pemula

Banyak Youtuber pemula yang beranggapan salah. Setelah channel Youtube sudah memenuhi syarat menjadi partner Google Adsense dengan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, lalu apakah tugas Youtuber sudah selesai? Jawabannya adalah belum, karena untuk bisa terus menghasilkan uang tambahan dari Google Adsense melalui Youtube ini tidaklah mudah. Anda harus bisa terus mengembangkan channel anda atau penghasilan anda akan terus menurun setiap harinya.


Youtube

 

Mungkin ada beberapa Youtuber pemula yang bersedia mengeluarkan dana untuk membeli channel yang sudah memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, akan tetapi jika anda tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan channel tersebut maka semuanya akan sia-sia. Modal yang sudah anda keluarkan akan percuma karena anda tidak bisa meningkatkan penghasilan dari channel tersebut.


Baca Juga : Kesalahan Youtuber Pemula Yang Harus Dihindari

 

Oleh karena itu melalui artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki oleh para calon Youtuber sebelum terjun kedalam dan mencari penghasilan tambahan dari Youtube.

 

Mampu Membuat Konten Baru Yang Menarik


Jika anda ingin channel yang anda miliki semakin terkenal dan bisa memberikan penghasilan yang terus meningkat (setidaknya stabil), anda akan dituntut untuk bisa membuat konten secara konsisten. Setiap hal yang dilakukan secara konsisten akan memberikan hasil yang memuaskan. Setidaknya buatlah satu konten terbaru setiap harinya untuk memberi kesan bahwa channel anda tetap aktif. Jika anda tidak melakukan hal ini maka subscriber anda akan berkurang karena tidak ada update video terbaru.

 

Selain konsisten, anda juga harus bisa membuat konten yang menarik sehingga bisa membuat orang lain tertarik menonton video anda dalam waktu yang lama. Buatlah video dengan minimal durasi 10 menit (semakin lama semakin baik). Video-video pendek dengan durasi 2 menit kebawah akan memperburuk citra channel Youtube anda. Youtube yang ingin memberikan pengalaman terbaik bagi para penonton, sangat menyukai channel yang bisa membuat penonton betah dan tertarik untuk kembali.

 

Mampu Membaca Analitik Channel Youtube


Membaca kerja analitik channel akan mebuat anda bisa menganalisa kelebihan dan kekurangan yang ada di channel anda. Banyak para Youtuber yang sering mengabaikan hal ini dan lebih fokus kepada penghasilan saja. Anda perlu mempelajari cara membaca analitik ini dari sekarang juga, jika perlu anda bisa bertanya kepada teman-teman sesama Youtuber untuk bisa lebih menguasainya.


Baca Juga : Menjadi Youtuber Itu Sulit, Ini Alasannya

 

Kemampuan di bidang analitik ini akan memudahkan para Youtuber pemula untuk mengambil keputusan seperti jenis konten apa yang disukai oleh para penonton, berapa rata-rata usia yang datang ke channel anda, dan kapan waktu terbaik untuk membagikan video yang sudah anda upload ke media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Semakin anda menguasai hal ini maka channel anda akan semakin mudah berkembang dan konten yang anda buatpun akan tepat sasaran.

 

Mampu Membangun Komunikasi Dengan Penonton


Salah satu cara membuat penonton betah dan tertarik untuk datang lagi ke channel anda adalah dengan membangun komunikasi dengan mereka. Anda bisa melakukannya dengan cara merespon komentar yang telah mereka kirimkan. Jangan pernah sekali-kali anda mengabaikan poin ini karena bisa membuat mereka merasa malas berkomentar lagi di video-video yang lainnya. Youtube juga sangat menyukai video-video yang memiliki interaksi tinggi didalamnya dan akan menempatkan video tersebut di halaman utama mesin pencarian Youtube.

 

Selain membuat video anda menjadi semakin terkenal, komunikasi dengan penonton juga bisa memberikan anda sebuah ide baru dalam membuat konten berikutnya. Sebagai contoh, anda membuat cover sebuah lagu, jika penonton suka dengan suara anda maka para penonton akan meninggalkan pesan di kolom komentar untuk mengcover lagu lainnya. Tidak ada salahnya selama anda mampu anda kemudian mencobanya. Tapi harus hati-hati dan jangan sampai terkena pelanggaran copyright yah.


Baca Juga : Cara Menghindari Copyright Youtube

 

Demikianlah kemampuan-kemampuan yang harus anda miliki sebelum memutuskan untuk menjadi seorang Youtuber. Mencari penghasilan tambahan dari Youtube tidaklah mudah, akan tetapi dengan adanya kemampuan-kemampuan tadi, anda akan bisa menjadi Youtuber terkenal dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap harinya.

Tidak ada komentar