Breaking News

Cara Mengatasi Jingling Pada Blog Anda

Memiliki blog yang terkenal dan bisa didatangi banyak orang pastilah menjadi tujuan utama semua Blogger. Tapi apakah anda akan senang apabila ternyata yang datang ke blog anda adalah robot yang berasal dari situs-situs Jingling? Pastilah hal ini sangat tidak diharapkan oleh semua Blogger. Biasanya tindakan ini dilakukan oleh para pesaing blog anda untuk membuat blog yang anda punya menjadi hancur. Oleh karena itu, anda harus membuat pertahanan pada blog anda agar bisa terhindar dari serangan Jingling yang bisa merugikan blog yang sudah anda buat.


Jingling

 

Jingling memang bisa mendatangkan banyak pengunjung bahkan sampai jutaan perharinya ke blog anda. Akan tetapi pengunjung yang datang tersebut bukanlah orang, Jingling hanyalah mengirimkan robot untuk berkunjung ke blog anda. Google yang tidak menyukai hal ini akan menindak tegas blog yang mendapat pengunjung banyak dari jingling ini. Anda bisa mendeteksi serangan Jingling ini dengan cara melihat peningkatan pengunjung blog yang tidak wajar. Peningkatan pengunjung ini tidak disertai dengan interaksi dari pengunjung.

 

Jingling ternyata memiliki beberapa dampak negatif bagi pemilik blog. Selain blog anda akan terdeteksi spam, peringkat blog anda juga akan diturunkan pada mesin pencarian Google. Bagi anda Blogger yang bertujuan untuk mencari penghasilan tambahan, Jingling juga bisa membuat akun Google Adsense anda akan dibanned. Jadi jika anda menemukan suatu aktivitas (Jingling) yang aneh pada blog anda, segeralah lakukan tindakan untuk melindungi blog anda.


Baca Juga : Mengenai Jingling Dan Dampaknya Pada Website

 

Lalu bagaimana cara melindungi blog dari serangan Jingling? Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk membuat blog anda aman.

 

1. Edit Robot.txt

Cara mengatasi Jingling yang pertama adalah anda bisa mengedit robot.txt pada blog anda. Silahkan anda login ke blogspot lalu pilih menu setelan—preferensi penelusuran—robot.txt—edit. Lalu anda bisa copy pastekan kode di bawah ini.


User-agent: Mediapartners-Google

Disallow:

User-agent: Googlebot

Allow: /

Disallow: /search

User-agent: *

Disallow:

Sitemap: https://www.berbisnisdanberbagi.com/feeds/posts/default?orderby=updated

 

Tujuan dari poin ini adalah untuk mencegah robot lain menuju blog anda terkecuali robot Google saja. Jangan lupa rubah teks yang berwarna merah menjadi alamat blog anda sendiri.

 

2. Melaporkan Kepada Google

Cara kedua adalah anda bisa melaporkan situs-situs yang telah mengirimkan Jingling ke blog anda. Anda bisa melihat stats pada blogspot untuk melihat sumber trafik Jingling itu berasal. Anda bisa melaporkan langsung ke Google melalui link dibawah ini. Biarkanlah pihak Google yang menindak tegas situs-situs tersebut.

 

Link melapor silahkan klik : Google

 

3. Membatasi Pengunjung Blog

Cara ketiga ini dilakukan untuk membatasi pengunjung yang bisa mengakses blog anda. Memang ada resiko bagi blog anda dalam poin ketiga ini, yaitu pengunjung blog anda akan menurun drastis. Akan tetapi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya anda membatasi pengunjung blog anda untuk sementara.

 

Buka blogspot dan masuk ke menu setelan—dasar. Anda bisa menentukan siapa saja yang bisa mengunjungi blog anda

Umum : Blog anda bebas dikunjungi semua orang

Pribadi : Blog anda dibatasi, sehingga hanya penulis saja yang bisa mengunjungi blog anda.

Pribadi-Khusus Pembaca ini : Blog anda dibatasi hanya untuk pengunjung yang anda pilih saja.


Baca Juga : 7 Cara Efektif Mengamankan Blog Anda

 

Demikianlah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah serangan Jingling yang membahayakan blog anda. Jika anda sedang mendapatkan serangan Jingling, segeralah lakukan tindakan-tindakan di atas untuk menghidari hal yang tidak diinginkan. Tetaplah semangat membangun blog anda menjadi lebih terkenal dan janganlah gunakan Jingling untuk blog anda ataupun blog orang lain karena ini akan merugikan.

Tidak ada komentar