Breaking News

Panduan SEO Youtube, Video Jadi Trending

Sama seperti para Blogger yang ingin artikelnya yang ingin tampil di halaman utama mesin pencarian Google, begitu juga dengan para Youtuber. Para Youtuber tentu mengharapkan konten video yang sudah mereka hasilkan dan di upload bisa tampil juga di peringkat teratas pencarian Youtube. Tapi sayangnya hal ini tidaklah mudah karena video anda harus menghadapi banyaknya persaingan dari video lain. Lalu bagaimana caranya agar video anda bisa muncul di peringkat pertama? Jawabannya hanya satu, SEO Youtube.

Youtube SEO

Jika anda sudah berhasil menerapkan SEO Youtube ini disetiap video kalian maka video anda akan ditempatkan di peringkat atas mesin pencarian Youtube. Hasilnya sudah pasti anda tahu bahwa video anda akan banyak di tonton oleh para pemirsa dan akan berimbas pada bertambahnya jumlah subscribe dan tentunya bertambah juga penghasilan harian anda dari Google Adsense.

Baca Juga : Cara Cepat Dapatkan 4000 Jam Tayang

Dari penjelasan di atas pastinya sekarang anda akan bertanya-tanya, Apa sih itu SEO Youtube, dan bagaimana cara penerapannya di setiap video yang akan diupload? Melalui artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai SEO Youtube. Silahkan anda baca artikel ini sampai habis yah.

Pengertian SEO Youtube

SEO Youtube adalah cara mengoptimasi video yang sudah anda buat dan di upload ke Youtube. Youtube sekarang sudah menjadi mesin pencarian kedua setelah Google. Jutaan orang menggunakan Youtube sebagai mesin pencarinya untuk mencari segala sesuatu, tapi video teratas sajalah yang akan menghasilkan banyak view. Karena itulah tujuan utama dari SEO Youtube ini adalah membuat video anda menjadi peringkat teratas dan membuatnya mudah diakses oleh para penonton.

Mengingat Youtube juga adalah milik Google, keuntungan lain dari SEO Youtube ini bisa membuat video anda juga akan dimunculkan di mesin pencarian Google. Biasanya ketika kita menggunakan Google untuk mencari suatu hal, maka akan muncul juga beberapa video terkait yang di tempatkan di halaman pencarian. Tentunya ini akan menambah lagi jumlah view yang bisa anda dapatkan dari Google.

Lalu bagaimana cara membuat video yang baik dan sesuai dengan SEO Youtube? Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda coba terapkan.

1. Perhatikan Durasi Video

Tahukah anda bahwa durasi video bisa berpengaruh kepada peringkat di mesin pencarian? Semakin panjang durasi video yang anda buat, akan membuat peluang video tersebut berada di peringkat atas semakin besar.

Youtube yang sangat memprioritaskan kenyamanan bagi para penontonnya akan lebih mengutamakan video berdurasi panjang ketimbang video lainnya yang lebih pendek. Semakin panjang video yang anda buat maka akan semakin besar juga peluang penonton berlama-lama diam di video anda, dan Youtube menyukai hal ini. Mulailah dari sekarang anda mencoba membuat video baru dengan minimal durasi 10 menit, lebih lama akan lebih baik. Tapi jangan buat isi video itu bertele-tele karena ini akan membuat penonton anda cepat merasa bosan, dan video anda tidak akan ditonton hingga akhir.

2. Buat Thumbnail Yang Bikin Penasaran

Thumbnail adalah gambar utama yang akan di tampilkan sebagai cover video kepada para penonton. Dalam persaingan video di Youtube, Thumbnail ini memiliki peranan yang penting agar menang, karena thumbnail yang lebih menarik akan mendorong calon penonton untuk mengkliknya meskipun video anda tidak di posisi teratas.

Buatlah Thumbnail semenarik mungkin sebelum anda mengupload video di Youtube. Sebisa mungkin buatlah penonton anda penasaran dengan thumbnail yang anda buat sehingga penonton menjadi tertarik. Pilihlah gambar terbaik yang mewakili isi konten anda, dan berikan sedikit tulisan yang menguatkan gambar tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Video Kita muncul Di Suggested Video Youtube

3. Buat Judul Yang Menarik

Judul yang menarik biasanya judul yang memberikan harapan bagi para penonton. Contoh “Cara Mendapat 4000 Jam Tayang Dalam Seminggu”. Judul-judul seperti inilah yang biasa paling banyak di klik oleh para calon penonton. Karena sekarang orang lebih banyak ingin menikmati hasil secara instan, maka judul-judul seperti contoh diatas tadilah yang biasanya akan di tonton.

Jangan pernah anda memberi Judul yang tidak berkaitan dengan isi konten, karena hal ini akan membuat penonton anda kecewa, dan Youtube juga akan menanggap konten yang anda buat ini tidak berguna bagi penonton. Pastinya video yang seperti ini akan sulit bersaing dengan video lainnya. Dan jangan pernah juga menampilkan tahun di judul video, contoh “Konten Youtube Terbaru 2020 Yang banyak Dicari”, karena judul ini akan menurunkan nilai video anda di tahun-tahun berikutnya karena dirasa tidak update.

4. Beri Deskripsi Video

Masih banyak Youtuber yang mengabaikan bagian ini. Saat anda mengupload video di Youtube, isikanlah bagian kolom deskripsi dengan keyword karena ini akan membantu menaikan pencarian di Youtube. Dari kolom deskripsi ini lah para penonton bisa mengetahui informasi yang akan mereka dapat dari video yang ditampilkan.

Persiapkan minimal 200 kata yang sederhana, informatif, dan mudah dipahami. Jangan gunakan kalimat yang berbelit-belit dan berulang-ulang karena akan membuat penonton semakin mengabaikan kolom ini. Anda juga bisa belajar dari para Youtuber terkenal yang menggunakan kolom deskripsi ini dengan baik. Mereka juga sering menampilkan Link yang mengarah ke suatu website sehingga video anda terlihat lebih elegan.

5. Rajin Update Video

Teruslah berkreasi dan buatlah konten-konten menarik untuk selalu menambahkan video terbaru di channel anda. Karena para penonton dan subscriber sangat tertarik pada channel yang selalu update dan memberikan video terbaru. Coba bayangkan jika anda sudah memiliki 1000 subscriber tapi anda tidak mengupdate lagi video terbaru. Pastinya mereka akan malas datang lagi ke channel anda dan yang paling parah pastinya subscriber anda bisa berkurang.

Youtube juga sangat menghargai channel yang selalu update video terbaru di channelnya dan akan menaikan rangking channel anda. Jika rangking channel anda meningkat pastinya para penonton juga akan semakin mudah menemukan video-video anda.

 Baca Juga : Nenek 90 Tahun Jadi Youtuber Game Tertua Didunia

Jadi bagaimana, apakah anda sudah siap menerapkan teknik SEO Youtube buat video-video anda?  Dengan menerapkan teknik-teknik SEO diatas, maka dapat dijamin akan meningkatkan traffic untuk video anda dan tentunya pendapatan adsense anda juga akan terus meningkat. Selain teknik yang telah dibagikan diatas, intinya adalah kembali lagi kepada isi konten.

Sering kita melihat sekarang, banyak video yang tidak memiliki kualitas gambar yang bagus, tapi bisa tampil di peringkat atas Youtube, semuanya karena isi konten. Para penonton yang melihat video tersebut pun secara otomatis ingin membagikannya kepada teman-temannya. Teknik SEO tidak akan bisa berdampak jika isi konten video anda tidak menarik, karena SEO hanya sebagai penunjang saja. Jadi dari sekarang, marilah kita membuat konten video yang menarik dan berguna bagi banyak orang.

Sekian dulu artikel dari kami, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Tetaplah berkreasi dan buatlah konten sesuai dengan trend sekarang. Terimakasih


Tidak ada komentar