Breaking News

Ciri-Ciri Template SEO Friendly Bagi Blog

Salah satu penunjang suatu blog agar bisa SEO friendly adalah pemilihan template. Memilih sebuah template yang SEO sangat penting bagi perkembangan sebuah blog. Para blogger bisa menentukan template yang akan digunakan di blognya sesuai selera yang diinginkan. Karena template yang disediakan oleh blogspot terbatas, biasanya blogger mencari template dari situs lainnya untuk bisa membuat blog yang dibuatnya bisa tampil menarik.

Template

Dengan template blog yang bermacam-macam dan juga bisa di download secara gratis, membuat para blogger ingin menampilkan blognya dengan berbagai fitur favoritnya. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa semua template yang anda bisa download gratis ini tidak semuanya SEO.

Terkadang para blogger pemula ingin membuat tampilan blog yang sesuai dengan selera mereka sendiri. Mereka memilih template yang benar-benar mereka sukai tanpa mengetahui bahwa template yang dipilihnya itu SEO friendly atau tidak. Ingatlah! Anda membuat blog ini untuk pribadi atau untuk dibaca orang? Tidak masalah jika itu adalah blog pribadi, akan tetapi jika blog yang anda buat ingin dibaca oleh banyak orang, anda harus bisa memilih template yang SEO friendly.

Baca Juga : 5 Ketakutan Yang Membuat Anda Berhenti Menjadi Blogger

Template blog yang SEO friendly akan membuat blog anda mendapatkan rangking yang lebih baik di mesin pencarian Google. Dengan demikian blog anda akan mendapatkan trafik yang baik dan tidak akan sepi oleh pengunjung.

Lalu bagaimana cara mengetahui template itu SEO friendly atau tidak. Melalui artikel ini saya akan memberikan ciri-ciri template blog yang SEO friendly dan cocok anda gunakan bagi blog yang anda buat.

Ciri-ciri Template blog yang SEO friendly :

1. Tampilan yang responsif

Sebuah template yang responsif akan membuat blog anda bisa dibuka menggunakan berbagai perangkat seluler tanpa ada bagian yang hilang. Jika anda masih menggunakan template yang belum responsif, segeralah rubah sekarang juga. Template responsif akan membuat para pengunjung lebih betah membaca artikel anda karena tidak akan ada bagian dalam artikel yang terpotong.

Template responsif mempunyai banyak kegunaan yang positif bagi sebuah blog. Untuk lebih lengkapnya anda bisa membacanya langsung di artikel “Kenapa Template Blog Harus Responsif?”

2. Mendukung fitur berbagi dengan media sosial

Google yang sangat menyukai artikel berkualitas tinggi, akan memberikan rangking tinggi kepada artikel yang banyak dibagikan kepada orang. Semakin banyak orang yang membagikan artikel anda maka semakin besar juga kesempatan artikel anda tampil di halaman pertama mesin pencarian Google.

Template yang mempunyai fitur untuk berbagi ke berbagai media sosial ini sangat penting. Para pembaca anda akan sangat dimudahkan untuk membagikan artikel menarik yang sudah anda buat ke media sosial miliknya. Hasilnya sudah pasti akan membuat artikel anda semakin terkenal dan banyak didatangi pengunjung.

3. Waktu loading cepat

Keputusan yang tepat bagi para blogger jika memilih suatu template blog yang ringan untuk dibuka. Template yang ringan ini memiliki waktu loading cepat dan disukai Google karena mudah terindex. Template ringan juga akan mempengaruhi Bounce Rate sebuah blog. Karena jika templatenya berat maka pengunjung bisa langsung menutup halaman loading menuju blog anda sebelum blog anda ditampilkan.

Selain itu waktu loading blog juga memberikan kesempatan pada pemilik blog untuk menampilkan iklan Adsense ber CPC tinggi. Karena iklan Adsense ber CPC tinggi itu biasanya berbentuk iklan bergerak dan video, yang sangat kecil kemungkinannya ditampilkan di Blog yang memiliki template yang berat.

Baca Juga : Cara Jitu Menampilkan Adsense Ber CPC Tinggi

4. Tampilan menu yang friendly

Menu dalam blog sangat berguna bagi para pengunjung blog untuk melihat bagian lain dalam blog. Menu yang terlihat jelas ternyata juga bisa membuat pengunjung suatu blog betah untuk berlama-lama diam di blog anda. Bayangkan jika blog anda tidak menampilkan menu dengan baik, maka setelah pengunjung itu selesai membaca satu artikel dari blog anda, mereka akan langsung pergi.

Jika anda sudah mendownload sebuah template dan menerapkannya pada blog, anda bisa mencoba menggunakan handphone untuk coba mengakses blog anda dan perhatikan bagian menunya. Jika bagian menu ini menjadi terpotong atau malah tidak tampil, segeralah ganti template anda tersebut.

5. Support pada semua browser

Para pengguna internet sekarang tidak hanya menggunakan satu perangkat browser saja. Ada banyak perangkat browser yang sekarang sudah digunakan. Anda harus memilih template yang kompatibel terhadap semua perangkat browser.

Selain membuat blog anda tampil tidak sempurna, pengunjung blog anda juga bisa menurun drastis jika anda mengabaikan poin ini. Cobalah anda menggunakan berbagai perangkat browser sebanyak-banyaknya untuk melihat performa tampilan blog anda.


Dengan memperhatikan 5 poin diatas tadi tentunya akan membuat blog anda semakin ramai pengunjung. Selain itu artikel-artikel yang sudah anda buat akan memiliki kesempatan yang besar untuk tampil di halaman utama mesin pencarian Google.

Jika anda sedang mencari template yang sesuai untuk blog anda, pilihlah template yang SEO friendly, karena template ini akan menunjang perkembangan blog anda. Hati-hati jangan salah pilih yah.

Tidak ada komentar