Breaking News

Cara Menghindari Copyright Youtube

Copyright pada video Youtube adalah keadaan dimana suatu video yang terdeteksi menggunakan konten milik orang lain yang memiliki hak cipta. Video yang terdeteksi copyright ini tidak akan bisa dimonetisasi karena semua hasilnya akan diberikan kepada pemilik hak cipta. Youtube yang terbilang sangat ketat dalam menjaga video asli yang diunggah, akan menindak tegas para Reuploader atau pengunggah ulang tanpa  izin dari pemilik video asli tersebut.

Copyright Youtube

Seorang Youtuber kadang membuat konten tentang kegiatan sehari-hari, memasak atau apapun, dan tanpa disadari mereka memasukkan lagu favoritnya kedalam video itu sebagai musik latarnya dan lalu mengunggahnya ke Youtube. Tindakan ini akan membuat Youtube memberikan anda peringatan copyright melalui email, karena lagu yang anda gunakan merupakan lagu yang memiliki hak cipta.

Baca Juga : Bisakah Akun Adsense Youtube Digunakan Untuk Blogspot

Tindakan di atas tadi jika dibiarkan tentunya akan merugikan channel anda. Anda bisa di cap sebagai plagiat, dan dampak terburuknya adalah channel Youtube anda bisa ditutup atau di banned. Pastinya anda tidak ingin hal ini terjadi pada anda, oleh karenanya, sebelum anda mengupload video ke Youtube anda harus menghindari semua jenis tindakan copyright.

Lalu bagaimana cara kita menghindari copyright, melalui artikel ini saya akan memberikan cara agar semua video yang anda upload ke Youtube tidak akan kena copyright.

Cara menghindari Copyright youtube :

1. Jangan mengupload ulang video orang lain yang memiliki hak cipta. Anda hanya diperbolehkan menggunakan sedikit cuplikan video saja sekitar 5 sampai 10 detik. Ada juga  jalan lainnya yaitu, anda bisa mengunggah ulang video dengan status lisensi (CC) Creative Commons. Anda bisa mencari video yang berlisensi Creative Commons ini dengan mudah. Anda tinggal menuliskan judul video yang ingin dicari dan klik pada filter Creative Commons. Anda bisa menggunggah ulang video ini dengan aman, tapi jangan diupload mentah-mentah. Anda harus mengedit video tersebut menjadi lebih menarik dan nyaman untuk ditonton. 

Baca Juga : Nenek 90 Tahun Jadi Youtuber Game Tertua Di Dunia

2. Jika anda ingin menggunakan lagu favorit sebagai musik latar, dianjurkan untuk menggunakan lagu yang sudah di cover. Lagu cover ini relatif lebih aman karena mereka juga membuat konten dari lagu milik orang lain yang sudah memiliki hak cipta. Ada baiknya anda coba menghubungi pemilik lagu tersebut untuk meminta izin terlebih dahulu. Pada saat mengupload video, anda bisa menambahkan link yang mengarah ke video lagu mereka yang asli di kolom deskripsi. Cara aman lainnya supaya tidak kena copyright adalah anda dapat menggunakan musik latar yang sudah disediakan oleh Youtube.

3. Jangan pernah mencoba sekali-kali mengupload video yang anda rekam dari televisi. Anda bisa dituntut oleh stasiun televisi tersebut atas dasar hak cipta. Selain channel anda ditutup karena dilaporkan oleh stasiun televisi tersebut, anda juga bisa dibawa ke pengadilan. Pastinya anda tidak ingin jika semua koleksi video-video anda yang sudah dibuat dengan susah payah, akan hilang sekejap karena satu video ini. Jadi segeralah hapus video anda sekarang juga jika masih ada video yang mengandung unsur pelanggaran di poin ini,

Sampai disini anda juga bisa menarik kesimpulan akibatnya jika anda tidak menghiraukan dan tetap melanggar peraturan copyright, yaitu :

1. Channel anda akan disebut plagiat, dan terburuknya adalah bisa dihapus oleh Youtube

2. Anda tidak bisa mendapatkan penghasilan dari video anda, karena semua penghasilan dari iklan akan diberikan kepada pemilik hak cipta

3. Anda bisa dibawa ke ranah hukum karena pelanggaran hak cipta

Baca Juga : 5 Konten Youtube Yang paling Banyak Dicari

Nah, susahkan jadi Youtuber? Tentu tidak asalkan kita bisa menjaga baik-baik channel kita dengan menghindari segala jenis pelanggaran hak cipta. Mulailah dari sekarang buat video original yang menarik dan bisa mendatangkan para penonton. Jika anda tetap ingin menggunakan konten milik orang lain, patuhilah semua peraturan dan kebijakan Youtube agar channel anda tidak terkena masalah.

Sekian dulu artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Marilah kita menjadi seorang Youtuber yang baik tanpa melanggar segala peraturan yang berlaku. Terimakasih

Tidak ada komentar