Breaking News

Berapa Lama Artikel Baru Terindeks Google

Salah satu pertanyaan yang sering muncul di dalam benak para Blogger adalah berapa lama artikel baru terindeks ke Google. Pertanyaan seperti ini memang wajar dan patut dipikirkan. Dengan terindeks ke Google, maka artikel mempunyai kesempatan ditampilkan dan bersaing di halaman utama mesin pencarian. Hal ini pastinya menjadi tujuan utama para Blogger, karena dengan ditampilkannya artikel di halaman utama maka artikel akan lebih banyak dibaca oleh orang dan blognya berkesempatan memiliki banyak pengunjung.

Index Goolge

Mungkin artikel yang dibuat sudah dimodifikasi dengan kata kunci dan juga dibuat SEO dengan tujuan agar robot Google mendapat pemberitahuan bahwa ada artikel baru di blog anda. Akan tetapi setelah di cek beberapa jam, artikel anda masih saja belum terlihat di mesin pencarian Google, padahal anda sudah memasukkan kata kunci yang sesuai.

Sebenarnya jawabannya sederhana. Anda tidak perlu khawatir artikel terbaru yang anda buat belum muncul di mesin pencarian, karena waktu yang dibutuhkan oleh robot Google menelusuri sebuah blog untuk menemukan artikel baru berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan pengindeksan yang dilakukan robot Google. Jadi waktu pengindeksan blog anda dengan blog orang lain belum tentu sama.

Baca juga : Tips Ampuh Membuat Artikel Anda Cepat Terindeks Google

Meskipun anda tidak terlalu memperhatikan kata kunci dan juga SEO, robot Google tetap akan menelusuri blog dan mengindeks artikel baru anda. Soal waktunya berbeda-beda, ada yang cepat dan ada juga yang lama. Belum ada satupun situs atau aplikasi yang bisa mengetahui waktunya dengan pasti. Jadi anda sebaiknya bersabar saja.

Waktu yang dibutuhkan robot Google untuk mengindeks artikel yang berbeda dalam satu blog itu bisa berbeda-beda. Sebagai contoh: hari ini anda membuat artikel “Cara Membuat Pecel Lele” , kemudian keesokan harinya anda membuat artikel berjudul “Cara Membuat Sayur Asam”. Bisa jadi artikel anda yang “Cara Membuat Sayur Asam” ini lebih cepat terindeks dan sudah muncul di mesin pencarian, sedangkan artikel anda yang pertama “Cara Membuat Pecel Lele” belum muncul.

Biasanya berdasarkan pengalaman saya, dalam waktu 24 jam artikel terbaru sudah bisa muncul di mesih pencarian. Tapi ada juga teman blogger yang mengatakan artikel terbarunya baru terindeks setelah seminggu, bahkan ada yang sebulan. Tapi jika dalam waktu yang lama artikel anda masih tidak muncul juga, mungkin masalahnya ada di kualitas artikel dan optimasi yang anda stel di blog anda.

Jadi jika ingin cepat artikel anda terindeks ke mesin pencari Google, anda harus membuat artikel yang berkualitas dan menarik untuk dibaca. Anda harus bisa memilih keyword yang tepat dan juga mengoptimasikan SEO agar robot Google semakin mudah untuk mengindeks artikel yang baru anda buat. Persaingan kata kunci juga bisa membuat artikel anda kalah dan tidak memiliki rangking, sehingga artikel anda akan sulit ditemukan di mesin pencarian.

Baca Juga : Tips Membuat Postingan Blog Tampil Di Halaman Pertama Google

Penutup

Jadi intinya, jangan khawatir artikel terbaru anda tidak akan di indeks oleh robot Google. Setiap artikel baru yang anda buat pasti akan ditelusuri robot Google, hanya waktu pengindeksan artikel terbaru anda tidak bisa diketahui dengan pasti.

Daripada terus memikirkan soal pengindeksan artikel oleh Google, lebih baik anda mencari ide baru dan terus memperbaharui blog anda dengan artikel lain yang menarik dan bisa menarik bagi pengunjung. Janganlah anda memikirkan satu hal ini yang membuat anda berhenti untuk berkreatif.

Sekian dulu artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda. Jangan lupa juga bagikan artikel ini kepada teman-teman anda yang masih bingung tentang indeks artikelnya ke Google. Terimakasih.

No comments