Breaking News

7 Tips Manajemen Waktu Agar Harimu Lebih Produktif

Ada orang yang hanya menghabiskan waktu hidupnya dengan hal yang sangat produktif, namun ada juga orang yang sebaliknya yaitu menghabiskan waktunya dengan hal yang tidak produktif. Tujuan utama dari manajemen waktu ini adalah membuat orang menjadi lebih produktif. Manajemen waktu ini sangat baik jika kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

manajemen waktu

                          
Perbedaan diantara orang sukses dengan orang yang belum sukses juga dapat kita lihat dari caranya mengatur waktu. Jika kita menginginkan suatu perubahan nyata dalam hidup, maka kunci yang harus kita lakukan adalah dimulai dengan belajar bagaimana cara efisien mengatur waktu itu sendiri.

Nah, berikut ini ada 7 tips yang bisa kita lakukan untuk mengatur waktu agar hari-hari kita bisa menjadi produktif.

1. Stop menunda pekerjaan

Tips yang pertama yang harus dilakukan adalah jangan pernah menunda pekerjaan. Ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Dan sebenarnya hal yang perlu kita lakukan adalah jangan pernah membiarkan kebiasaan buruk ini karena kebiasaan ini akan menjadi karakter buruk yang ada dalam diri kita.

Baca Juga : 9 Tips Membantu Anda Tetap Fokus Saat Bekerja Di Rumah

Jika kita memiliki suatu pekerjaan, kerjakan sekarang juga dan jangan pernah di tunda-tunda. Kita akan merasa lebih tenang meninggalkan kantor dengan kondisi pekerjaan selesai ketimbang banyak kerjaan menumpuk yang harus dihadapi besok.

2. Buatlah daftar agenda

Buatlah daftar agenda tentang apa saja yang harus kita lakukan dalam satu hari. Semua orang memiliki jumlah waktu yang sama setiap harinya, yaitu 24 jam. Tapi kenapa ada orang yang bisa memanfaatkan waktu dengan lebih produktif setiap harinya dan ada juga yang malah sebaliknya? Letak perbedaannya itu adalah karena ada sebagian orang yang membuat daftar agenda apa saja kegiatan yang akan mereka lakukan dalam waktu yang akan mereka lewati. Oleh karenanya, buatlah agenda tentang apa saja yang akan kita lakukan dalam satu hari. Agar hari-hari kita bisa lebih produktif dan waktu tidak akan terbuang sia-sia.

3. Gunakan metode 30 menit 10 menit

Gunakanlah metode waktu 30 menit 10 menit. Maksud metode ini merupakan metode reaksi diri kita untuk menghargai setiap aktivitas yang kita lakukan. Selama 30 menit bekerjalah dengan penuh konsentrasi, dan luangkan waktu 10 menit sebagai jeda untuk beristirahat sejenak.

4. Buatlah skala prioritas

Tentunya kita tidak akan bisa menlakukan 2 pekerjaan dalam satu waktu yang sama. Misalnya kita bermain game sambil mengerjakan tugas kuliah. Hal ini sangat tidak mungkin untuk kita lakukan. Oleh karena itu buatlah skala prioritas. Prioritaskan mana yang akan kita lakukan terlebih dahulu.

Pada bagian ini ada 4 skala prioritas yang bisa kita gunakan :

Skala prioritas yang pertama adalah tentang penting dan mendesak, apapun aktivitas-aktivitas yang masuk dalam kategori ini maka kerjakanlah pada saat itu juga. Misalnya kita memiliki deadline tugas yang akan kita kumpulkan esok harinya, maka kerjakan sekarang juga.

Skala prioritas yang kedua adalah tidak penting tapi mendesak. Aktivitas yang masuk dalam kategori ini harus direncanakan secara matang kapan waktu terbaik untuk mengerjakannya.

Skala prioritas yang ketiga adalah penting tapi tidak mendesak. Aktivitas yang masuk dalam kategori ini bisa kita lakukan dengan menyelesaikan prioritas 1 dan 2 terlebih dahulu. Kita juga bisa meminta bantuan orang lain seperti keluarga atau orang terdekat untuk dapat membantu pekerjaan kita dalam kategori ini.

Skala prioritas yang keempat adalah tidak penting dan tidak mendesak maka hal yang perlu kita lakukan untuk kategori 4 ini adalah tunda demi menyelesaikan skala prioritas yang sebelumnya.

5. Jauhkan semua distraksi yang ada disekitar

Tips berikutnya adalah jauhkan semua calon gangguan yang ada di sekitar kita, seperti contohnya smartphone. Padamkan semua notifikasi sosial media yang merupakan salah satu faktor yang bisa mengganggu konsentrasi dan merusak manajemen waktu yang telah kita susun sebelumnya.

Baca Juga : Keseruan Tour Di Gunung Merapi

Contohnya ketika kita mengagendakan bahwa dari jam 8 hingga Jam 9 malam kita akan menyelesaikan tugas kuliah, kita menjadi tidak fokus karena smartphone ada di dekat kita. Ketika ada notifikasi terdengar saat kita mengerjakan tugas, biasanya fokus kita akan lebih ke smartphone dan membuka sosial media tanpa kita sadari satu jam telah berlalu.

6. Katakan tidak pada hal yang tidak penting

Berani mengatakan tidak pada hal yang tidak penting adalah suatu komitmen yang dimiliki oleh orang-orang sukses di dunia. Mereka akan mengatakan tidak pada hal yang tidak penting dan lebih mengutamakan perhatian kepada suatu hal yang lebih produktif. Misalnya di akhir pekan kita diajak nongkrong bersama teman-teman, padahal ada hal yang harus kita kerjakan. Pada saat itulah kita harus berani mengatakan tidak.

7. Istirahatlah yang cukup

Dan tips yang terakhir adalah menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup. Satu hal yang perlu kita ketahui bahwa orang yang sibuk belum tentu produktif dan orang yang produktif juga belum tentu sibuk. Akan tetapi orang yang produktif pasti jauh lebih baik ketimbang orang yang sibuk namun tidak produktif. Maka dari itu kita perlu mengetahui kapan kita akan bekerja dan kapan kita harus beristirahat. Bekerja 24 jam adalah hal yang buruk dan membuat kita sakit. Mengistirahatkan badan lebih dari 8 jam setiap hari untuk mengumpulkan tenaga adalah hal yang baik dan sangat penting.

Baca Juga : Tidur Dapat Membantu Anda Menyelesaikan Masalah

Nah, itulah 7 tips manajemen waktu agar hari kita bisa lebih produktif. Lakukan manajemen waktu mulai dari sekarang dan kita akan merasakan langsung hasilnya. Terimakasih sudah membaca artikel ini.


No comments