Breaking News

YouTube - Cara Cepat Dapatkan 4000 Jam Tayang

Menjadi Youtuber sekarang sudah menjadi cara populer untuk bisa mencari tambahan penghasilan melalui internet, karena hanya dengan bermodalkan kamera atau smartphone, seseorang sudah bisa membuat sebuah video yang nantinya bakal menghasilkan ratusan hingga jutaan rupiah. Sekarang banyak sekali Youtuber baru bermunculan dengan harapan dapat memperoleh tambahan penghasilan.
Youtube
Logo YouTube

Kebijakan monetisasi terbaru Youtube yakni suatu channel baru bisa menampilkan iklan (Adsense) jika sudah memiliki 1000 subscriber dan total 4000 jam tayang di channel itu sendiri, bukan hanya sekadar kunjungan view. Kebijakan baru ini tentunya menjadi tantangan bagi anda yang baru memulai kariernya sebagai seorang Youtuber. 
Melalui artikel ini saya akan memberikan cara-cara di bawah yang bisa membantu anda mendapatkan 4000 jam tayang dan juga 1000 subscriber dengan cepat. Inilah Caranya.

1. Buat Channelmu Sendiri

Hal pertama yang harus dilakukan adalah anda harus mulai membuat channel anda sendiri. Channel anda inilah yang nantinya akan menyimpan semua video-video hasil karyamu dalam satu tempat. Karena jika anda sudah membuat video yang bagus tetapi anda menguploadnya di channel milik orang lain maka semua hasil kerja keras anda akan percuma.

2. Fokus Membahas Satu Topik Saja

Ketika anda membuat sebuah konten untuk video, sebaiknya anda fokus pada satu topik saja dulu karena hal ini akan memudahkan audiens untuk lebih fokus dalam berlangganan ke channel anda sehingga mereka akan kembali terus untuk melihat konten video terbaru.
Berbeda halnya dengan channel yang membahas banyak topik contohnya, channel yang video pertamanya membahas tentang cara memasak dan di kemudian hari video barunya membahas tentang limbah, biasanya akan memiliki kesulitan dalam meningkatkan view karena audiens bingung dengan fokus channel tersebut.

3. Upload Terus Video Secara Konsisten

Semua pekerjaan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh supaya bisa berhasil. Anda harus memiliki komitmen yang tinggi ketika anda memutuskan berkarier sebagai seorang Youtuber karena anda dituntut untuk mengupload video secara konsisten supaya audiens bisa terus menonton video terbaru dan menganggap channel anda itu aktif.
Jadi, pada saat jumlah viewer dan subscriber anda masih sedikit, jangan pernah malas untuk terus berkarya dan mengupload video secara berkala dan konsisten.
Pastikan juga setiap video yang anda upload tidak melanggar copyright dan aturan-aturan yang ditetapkan oleh Youtube karena Youtube bisa memblokir channel anda. Jadi, buatlah konten yang original meskipun hal itu sulit dilakukan, hal tersebut bisa mengundang lebih banyak viewer dan meningkatnya jam tayang. 

4. Buat Judul Semenarik Mungkin

Judul adalah satu hal utama yang akan menentukan apakah nantinya video anda ditonton atau tidak. Hal ini terjadi karena judul merupakan hal yang pertama dilihat audiens sehingga ini merupakan satu-satunya kesempatan untuk menarik perhatian mereka.
Untuk membuat judul yang menarik, dianjurkan untuk menggunakan 5 sampai 10 kata yang langsung mengarah pada konten yang dibahas sehingga lebih menarik dan lebih mudah diindeks oleh Youtube.

5. Berikan Tag

Untuk menarik lebih banyak perhatian viewer,  anda bisa menggunakan tags yang terdapat di bawah deskripsi video. Pastikan tags yang digunakan sesuai dengan topik yang dibahas oleh judul video dengan minimal 5 tags.
Contohnya, jika video berjudul " Cara Membuat Sayur Asem", maka anda harus mengisi tagsnya dengan Sayur, Sayur Asem, Memasak, Memasak Sayur Asem, Masakan Indonesia.

6. Beri Deskripsi Yang Sesuai

Membuat deskripsi dalam sebuah video Youtube juga penting dalam meningkatkan jumlah subscriber dan viewer karena audiens bisa mengetahui informasi apa yang bisa mereka dapatkan dari menonton video anda.
Untuk membuat deskripsi yang baik, gunakanlah kata kunci yang bisa mewakili judul yang telah anda buat. Rangkai kata-kata tersebut agar menjadi kalimat yang mengalir sehingga Youtube akan lebih mudah dalam mengetahui apa tujuan video anda.

7. Buat Thumbnail Semenarik Mungkin

Untuk mendukung kekuatan dari judul video dalam menarik perhatian audiens, anda harus menggunakan custom thumbnail. Bagi, anda yang belum tahu apa itu thumbnail, thumbnail adalah gambar yang bertujuan untuk memberikan gambaran konten yang akan dibahas oleh judul video.
Buatlah thumbnail semenarik mungkin sehingga ketika pengunjung mencari suatu topik video, mereka akan melihat dan tertarik dengan thumbnail video anda dan mengkliknya.

8. Gunakan Kata Kunci (Keyword) Yang Panjang 

keyword yang panjang dapat membawa lebih banyak jumlah viewer dan durasi jam tonton. Untuk mengoptimalkan keyword yang akan digunakan, anda bisa menggunakan fitur pencarian Youtube sehingga anda bisa mendapat saran keyword terbaik bagi video anda. 

9. Membuat Playlist

Mengumpulkan video-video yang sejenis kedalam satu playlist bisa menjadi cara yang cukup ampuh membuat audiens untuk tetap menonton semua video yang pernah anda upload.
Dalam playlist, sebaiknya anda membuatnya terlihat lebih spesifik agar audiens bisa lebih penasaran untuk melihat jenis konten anda. Contohnya, jika anda membuat channel yang isinya tentang memasak, anda bisa membuat playlist yang berkategori seperti playlist untuk masakan Indonesia, Masakan Thailand, Masakan Italia, dan lain sebagainya.

10. Tambahkan Fitur Card

Fitur card adalah rekomendasi video yang biasanya muncul di bagian akhir video yang sedang ditonton. Fitur card ini merupakan alternatif lainnya yang bisa anda gunakan untuk membuat audiens menonton video anda yang lain. 
Anda bisa memberikan rekomendasi video lain yang serupa ketika salah satu video anda sedang diputar atau anda bisa menambahkan playlist. Agar fitur card tersebut dapat diklik, posisikanlah pandangan anda sebagai penonton agar dapat mengatur letaknya yang tidak menganggu dan lebih optimal lagi.

Jika semua hal di atas sudah dilakukan dan anda sudah melihat kemajuan dari channel Youtube anda, segeralah lakukan monetisasi supaya kelak anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari semua kerja keras anda.

Tidak ada komentar