Breaking News

7 Tips Artikel Anda Disukai Google Dan Pembaca

Mungkin masih banyak yang  berpikir bahwa sulit untuk bisa membuat artikel yang disukai Google dan pembaca. Sebenarnya tidak juga. yang dibutuhkan adalah niat dan rasa percaya diri bahwa anda dapat membuat artikel dengan baik dan menyenangkan. Anda butuh konsep untuk mengetahui tujuan anda membangun Blog. Apakah tujuan anda menulis di Blog hanya untuk tempat curhat, tempat mengisi waktu atau anda ingin membangun sebuah Blog yang menghasilkan.

artikel
Artikel


Dalam membuat sebuah Blog, tentu faktor  SEO perlu diperhatikan. Sayangnya, kerap kali kita terlalu serius dalam memikirkan SEO, hal ini membuat kegiatan Blogging menjadi cepat membosankan. Lebih buruknya lagi, Blog yang dibangun hanya untuk tujuan SEO tidak bertahan lama karena jarang update artikel, dan pengunjung semakin berkurang.



Yang harus anda lakukan adalah ber-orientasi pada pembaca. Jadikanlah pembaca sebagai tujuan utama anda membuat Blog. Dengan membuat artikel yang menarik, dan disukai pembaca, maka anda juga akan membuat sebuah artikel yang pastinya akan disukai oleh Google.


Lalu bagaimana cara membuat artikel yang disukai Google dan pembaca? Berikut ini adalah 7 tipsnya membuat artikel anda disukai Google dan pembaca, dan mudah- mudahan bermanfaat bagi anda:

1. Buat Artikel Yang Menarik Dan Informatif


Buatlah artikel yang informatif dan menarik di blog anda untuk para pembaca. Setelah anda menulis artikel yang menarik dan penuh informasi pada pembaca, lakukan sedikit optimasi secukupnya saja sehingga artikel tidak kaku dan enak dibaca. Jika artikel anda menarik dan informatif, maka para pembaca secara spontan akan membagikan artikel anda kepada teman-temannya. Semakin banyak artikel anda dibagikan, maka Google akan menaikan rank artikel anda dan bisa menampilkannya di halaman pertama mesin pencarian Google.

2. Lupakan Keyword

Keyword atau kata kunci sering menjadi perhatian blogger dalam menulis artikel SEO. Tetapi terlalu memaksakan keyword  dalam sebuah artikel kadang membuat artikel menjadi tidak enak dibaca dan cenderung membosankan. Buatlah artikel dengan gaya bahasa anda sendiri. Terlalu memaksakan penambahan keyword justru dapat merusak Blog anda di mesin pencari.


3.  Beri Pembahasan Yang Lengkap

Inilah yang menjadi PR besar untuk saya dan anda yang terkadang menulis artikel masih asal-asalan. Padahal, semakin lengkap pembahasan dalam sebuah artikel, maka akan semakin disukai oleh Google dan pembaca. Kita mungkin sering terpaku dengan jumlah kata, bahwa minimal kata yang digunakan  artikel yang SEO Friendly adalah 300 kata saja. Dengan terpaku pada jumlah kata ini, maka seringkali kita merasa cukup ketika menulis 500 kata karena sudah lebih dari 300 kata. Padahal banyak Blog di luar sana yang menulis sampai 1000 kata lebih per artikelnya. Jumlah kata ini menggambarkan kualitas artikel anda. Artikel yang panjang jangan dibuat dengan kalimat bertele-tele tapi harus penuh dengan informasi yang berguna. Jelaskan secara lengkap poin-poin yang ingin anda bagikan kepada pembaca.

4. Kata Kunci Panjang Pada Judul Artikel


Di search engine, judul artikel yang panjang kerap nangkring di atas ketimbang judul yang terlalu singkat atau dibuat asal-asalan. Hal ini akan tetap terjadi walaupun kata kunci yang diketikkan pembaca di mesin pencari biasanya singkat. Kenapa hal ini bisa terjadi?  Para Internet Marketer mengatakan bahwa artikel dengan judul panjang dan jelas akan memiliki konversi yang lebih baik. Tapi jangan pernah membuat judul yang terlalu berbasa basi karena mengejar judul yang panjang.


5. Responsif Terhadap Pembaca


Anda harus secepatnya memberi respons kepada para pembaca dengan cara menjawab pertanyaan atau komentar mereka. Hal ini akan membuat pembaca menyukai Blog anda karena Blog anda dianggap aktif. Para pembaca pasti tertarik untuk kembali datang ke blog anda. Membangun hubungan dengan pembaca, akan mendatangkan keuntungan tersendiri untuk anda. Banyaknya aktifitas seperti ini, akan membuat blog anda disukai Google. 


6. Beri Kemudahan Tombol Sharing Bagi Para pembaca


Jejaring sosial mempunyai kekuatan yang besar bagi artikel di Blog anda. Apakah anda sudah memberi kemudahan bagi para pembaca untuk membagikan artikel anda? Kita harus menyediakan tombol sharing untuk memudahkan pembaca berbagi informasi kepada teman-temannya. Ini juga akan memberi keuntungan bagi Blog anda mendapatkan traffic gratis dan berdampak baik pada SEO.



7. Jangan Asal Membuat Judul


Judul adalah bagian utama yang akan muncul di mesin pencari. Dengan membuat judul yang baik dan menarik, maka semakin besar peluangnya untuk menarik perhatian para pembaca dan mengklik Blog anda. Jika pembaca mencari sesuatu di Google maka akan ditampilkan beberapa judul artikel yang terkait di page one Google. Tidak jarang juga pembaca tidak mengklik judul yang paling atas, karena artikel yang di bawahnya membuat lebih penasaran karena judulnya lebih menarik.

Demikianlah 7 Tips yang bisa membuat artikel anda disukai oleh Google dan pembaca. Semoga artikel ini bisa berguna bagi anda. Jangan lupa juga bagikan artikel ini kepada teman-teman anda yang lain. Terimakasih

No comments