Breaking News

6 Ide Unik Bisnis Baru Yang Sukses

Mendirikan bisnis baru bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kondisi saat ini kompetisi semakin ketat, sehingga dalam membuka usaha dituntut untuk memiliki inovasi yang unik dan kreatif agar dapat membuat konsumen penasaran dan akhirnya membeli. Memiliki ide usaha yang unik dan kreatif adalah sebuah modal besar dalam mendirikan bisnis. Bahkan cara yang aneh atau kita rasakan sebagai ide buruk pun bisa dilakukan orang untuk memulai bisnis yang baru.  
Inovasi bikin kamu berbeda
Inovasi buat kamu jadi berbeda

Seperti contohnya ide unik bisnis di bawah ini yang ternyata bisa sukses hingga usahanya bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan. Yuk mari kita baca bersama

1. Jasa Membantu Orang Mabuk

Di negara kita, mabuk memang bukan tradisi yang dianggap wajar. Namun di Colorado, Amerika, hal ini sudah dianggap sebagai gaya hidup. Orang-orang biasa mabuk dan mengadakan pesta hingga larut malam dan membiarkan tempat tinggal kotor tak terurus. Peluang inilah yang diambil oleh dua orang mahasiswa asal Boulder, Colorado.
Mereka akan datang ke rumah dengan membuatkan burrito (semacam sarapan khas Meksiko) dan Gatorade (minuman energi). kemudian, dilanjut dengan membersihkan rumah bekas pesta termasuk mencuci piring, panci dan mendaur ulang botol-botol bir bekas. 
Memang sepele, tapi ternyata ide bisnis ini sukses dan dua orang mahasiswa ini sudah diundang Forbes Magazine, CS serta di talkshow Regis and Kelly. Ide bisnis unik yang mereka buat bisa menginspirasi mahasiswa lain untuk bekerja paruh waktu

2. Menjual Botol Oksigen

Polusi yang terus mengancam makhluk hidup menjadi pemicu  seorang Moses Lam memproduksi udara kemasan dengan merek Vitality Air. Dia bekerja sama dengan Troy Paquette memasarkan barang tersebut di situs jual beli online  Ebay. Mereka mengklaim bahwa oksigen di dalam tabung itu langsung diambil dari Pegunungan Rocky.
Bencana asap di Tiongkok akibat pencemaran polusi udara sudah mencapai tingkat yang sangat berbahaya, botol oksigen ini sangat laris di negeri Tirai Bambu. Lam mengklaim 500 botol oksigen pertamanya yang dipasarkan telah terjual habis dalam empat hari. Botol oksigen dalam kemasan berukuran 7,7 liter itu dijual dengan harga USD 160. Kini 4.000 botol sedang disiapkan pengirimannya dari Kanada dan hampir seluruhnya sudah laku dipesan. 

3. Menjual Cincin Orang Gagal Menikah

Bagi orang yang mengalami kegagalan dalam pernikahan, pasti ingin membuang seluruh kenangannya termasuk cincin pernikahan. Tapi karena harganya mahal terkadang sayang juga membuangnya, lebih baik dijual saja.
Hal ini yang terpikir  oleh Joshua Opperman, yang juga pernah gagal menikah. Untuk membuang rasa sakitnya itu, dia pun mendirikan sebuah marketplace khusus untuk menjual cincin bekas pertunangan. Bukan hanya cincin saja yang dijual namun juga barang-barang lainnya seperti gaun pengantin, jas pengantin, dll. Bahkan disini  bisa juga anda melelang sebuah gedung yang tak jadi disewa karena pernikahan yang batal.

4. Jasa Mendengarkan Curahan Hati

Tidak semua orang bisa mencurahkan isi hatinya ke orang terdekat karena rasa malu atau takut kepada teman maupun keluarga, sehingga beberapa orang lebih memilih menyewa orang lain. Karena pada dasarnya ketika seseorang punya masalah, yang dia butuhkan hanya didengar. Takanobu Nishimoto melihat peluang disini, kemudian dia membuka usaha rental curhat bernama Ossan rental. Ossan Rental telah berusia 4 tahun dan memiliki 60 pegawai yang rata-rata usianya 45 hingga 55 tahun.
Biasanya pelanggan Takanobu ini adalah pelajar sekolah, dan tarif per jamnya adalah USD 10 atau setara dengan Rp 137 ribu. Bagi Takanobu usahanya ini didasari hobi, sehingga dirinya tak merasa bosan mendengarkan curhatan yang berbeda-beda. Pelanggan yang menggunakan jasanya biasanya kebanyakan hanya menyuruhnya untuk mendengarkannya saja.

5. Jasa Salurkan Kemarahan

Marah adalah salah satu bentuk emosi yang dimiliki oleh seluruh manusia. Terkadang rasa marah pada seseorang, membuat  anda ingin berbuat tidak baik pada orang lain. Memukul, menghancurkan mobilnya atau membakar rumahnya mungkin bisa membuat anda merasa lebih baik. Tapi semua itu bisa membuatmu berakhir di penjara. Tentunya hal ini sangat tidak anda harapkan.
Rasa ingin menyalurkan kemarahan ini membuat Shawn Baker menciptakan Anger Room. Dengan menggunakan Anger Room, anda akan ditempatkan di sebuah ruangan yang penuh dengan barang-barang bekas. Di sini anda boleh menghancurkan semua barang-barang itu dengan kayu atau tongkat baseball. Anda juga dilengkapi dengan pelindung diri seperti baju khusus dan kacamata untuk menghindari pecahan-pecahan barang ke tubuh anda. Besaran tarif Anger Room ini adalah sebesar $25 per 5 menit, dan $75 atau setara Rp 1 juta per 25 menit.

6. Menjual Botol Arwah

Mungkin ini yang terdengar paling ekstrim. Barang dagangan yang paling aneh dan laku terjual bahkan sempat menjadi viral dibicarakan orang terjadi pada tahun 2010. Avie Woodbury asal Selandia Baru berhasil melelang 2 botol berisi hantu di situs TradeMe. Woodbury mengatakan botol itu berisi cairan biru yang didalamnya ada 2 arwah jahat yang disegel air suci.
Dilansir dari Daily Mail, dia meminta paranormal untuk menangkap hantu-hantu tersebut agar tidak mengganggu hidupnya. “Saya hanya ingin menyingkirkan mereka karena mereka membuat saya takut”. Nilai kedua botol arwah itu di TradeMe mencapai NZD 2.000 atau sekitar Rp 20 juta.
Inilah ke-6 ide unik bisnis baru yang sukses menarik pembeli dan menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta. 

Tidak ada komentar