Breaking News

4 Penyebab Anda Gagal Di Bisnis Online

Berbisnis online memang bukanlah sebuah hal mudah, banyak kendala dan rintangan di depannya, tapi semuanya itu haruslah kita hadapi agar bisa meraih keberhasilan dalam bisnis online. Banyak para pebisnis online yang gagal dan segera berhenti karena merasa kalah, mungkin anda salah satunya. Merekapun tidak mengetahui kenapa bisnisnya bisa gagal.




bagi anda yang memulai bisnis online tapi merasa gagal atau merasa gitu-gitu aja dan jalan di tempat aja. Saya mempunyai bahasan yang mengulas tentang penyebab bisnis online anda gagal, mari kita simak


1. Kurangnya Pengetahuan

Pengetahuan itu ibarat senjata saat kita berperang. Selain kita harus punya pengetahuan soal produk yang kita jual, kita juga harus punya pengetahuan soal kekuatan media sosial seperti Facebook, Instagram sebagai tempat marketplace dalam mengambil suplier tahap pertama. Suplier andapun mungkin akan menyebarkan produk anda kepada teman-temannya yang lain melalui akun-nya. Carilah media sosial yang terkenal dan banyak penggunanya sebagai media anda memasarkan produk.


Kurangnya pengetahuan dalam hal ini akan berakibat kegagalan dalam bisnis online. Mari kita evaluasi diri, apa saja yang belum anda lakukan seperti memasarkan produk di media sosial. Carilah di Google cara-cara lain yang bisa anda lakukan untuk memasarkan produk anda.

2. Kurang Fokus/ Tidak Konsisten

Fokus Waktu. Kebanyakan para pelaku bisnis online ini berbisnis hanya sebagai sampingan saja. Mungkin ada di antara pembaca sekalian yang berprofesi sebagai mahasiswa atau pelajar yang bekerja sampingan menjual suatu produk secara online. Hal ini boleh-boleh saja, tapi anda jangan berleha-leha. Ingatlah saat berbisnis online, andalah bos-nya. Oleh karena itu anda harus berusaha tetap memasarkan produk minimal sehari 2x upload di media sosial.

Fokus Produk. Untuk meraih keuntungan besar dalam waktu singkat, kadang pelaku bisnis online memasarkan produk yang berbeda-beda setiap harinya. Hari ini mengupload produk makanan, besoknya mengupload sepatu, dan besoknya lagi mengupload produk lainnya lagi. Hal ini tentunya bisa membingungkan orang. fokus lah dulu pada satu produk yang ingin anda jual sehingga orang akan otomatis mencari anda jika produk yang mereka perlukan ada di toko anda.

3. Produk Yang Dijual Bukan Best Seller

Carilah produk yang sedang banyak diminati, dicari dan cepat habis untuk anda jual. Atau carilah produk yang bisa dikoleksi dan tidak mungkin dimiliki satu. Contoh baju, sepatu. Tidak mungkin seseorang hanya memiliki satu baju dilemarinya, atau sepatu yang dipakai terus menerus. Hal ini akan membuat para konsumen anda datang berkali-kali ke toko online anda.


Jangan lupa juga untuk selalu berinovasi dan juga ikuti perkembangan jaman. Dengan melakukan hal ini, maka toko online anda akan selalu didatangi konsumen yang mencari barang-barang terbaru.

4. Kurang Terbuka, Tidak Mau Menerima Kritik

Orang yang tidak mau menerima kritik sebaiknya hidup di hutan saja. Setiap konsumen pastilah memiliki keinginan yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhannya. Jadi, anda harus mau merima kritik dan berusaha memenuhi kebutuhan mereka Tujuannya agar mereka mau datang lagi dan lagi ke toko anda dan membeli barang lagi.

Kumpulkanlah semua kritik yang anda terima dari konsumen, karena kritikan ini juga bisa menjadi bahan untuk inovasi produk anda kedepannya.


Itulah tadi 4 penyebab anda gagal dalam bisnis online. Lebih baik gagal di awal, karena ini adalah kesempatan anda introspeksi diri apa saja kekurangan anda. Lakukan evaluasi kesalahan-kesalahan untuk kemajuan bisnis online anda. Untuk menjadi pro kita harus menjadi pemula dulu. menara yang tinggi dibangun dari menara yang rendah. jangan menyerah dan tetap optimis. Kesalahan apa yang sudah dilakukan, mari kita tidak melakukannya lagi untuk melangkah lebih maju

Lebih jelasnya saksikan video di bawah ini :



Tidak ada komentar