Breaking News

5 Kesalahan Dalam Menghemat Uang

Meskipun terdengar mudah, dan sepele, tetapi masih banyak yang salah mengambil langkah dalam hal menghemat uang. Rupanya, menghemat uang bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Terlebih lagi jika kita memiliki nafsu yang besar serta sikap hedonisme yang cukup mendominasi, pasti rasanya akan sulit mengirit atau menghemat uang.



Melalui artikel ini, kita akan membahas beberapa kesalahan yang biasa dilakukan orang-orang dalam menghemat uang.


1. Tergiur Barang Diskon Atau Murah

Prinsip belanja hemat dan berkualitas adalah dengan tidak tergiur oleh barang-barang yang berharga murah atau barang-barang diskon. Akan tetapi sebaiknya utamakanlah value dari suatu benda ketika berbelanja. Sebagai contoh, Baju yang anda beli dari diskon atau cuci gudang di sebuah toko pagi ini ternyata sudah robek saat dipakai di kemudian hari, dengan terpaksa anda harus membeli baju lagi. Bukankah hal ini justru akan membuat anda semakin boros? Benar saja, jadinya anda harus mengeluarkan uang dua kali.
Sebenarnya, boleh-boleh saja tergiur oleh barang yang murah atau yang sedang diskon. Hanya saja, yang perlu anda ketahui bahwa value dari sebuah barang adalah hal utama dalam berbelanja dan akan memberikan anda kepuasan yang lebih awet. Jadi saat anda menemukan barang murah, perhatikan dulu bagaimana kualitasnya, baru mengambil keputusan untuk beli atau tidak.

2. Langsung Stop Tidak Berbelanja

Hal ini juga sering dilakukan orang sebagai cara untuk menghemat uang. Niat awalnya ingin menghemat uang, anda malah bisa terkena masalah lain dalam melakukan hal ini. Stop dan sama sekali tidak mengeluarkan uang hanya akan membuat anda tersiksa. Sebagai contoh, anda yang tadinya ingin makan siang di luar saat jam kerja harus menahan lapar untuk menghemat uang, bukankah hal ini menyiksa? Atau lebih parahnya, anda bisa jatuh sakit. Dalam aksi menghemat uang, disarankan untuk tetap menjalani aktivitas anda seperti biasa. Hanya saja, anda harus bisa membedakan mana kebutuhan yang penting dan mana yang tidak.

3. Mengesampingkan Diri Anda Sendiri

Setiap orang punya tujuan yang berbeda-beda dalam menghemat uang. Bisa untuk liburan keluarga atau untuk makan malam bersama kekasih di restoran termewah, atau bisa juga untuk membeli sesuatu yang harganya sangat mahal. Apapun tujuan anda dalam menghemat uang, ada satu hal yang harus anda ketahui. Jangan pernah mengesampingkan diri anda sendiri saat anda menghemat uang. Hal ini bisa berpotensi membuat penyesalan yang dalam ketika tujuan yang anda capai rupanya kurang bernilaiTetaplah utamakan diri anda saat menghemat uang, jangan terlalu terforsir pada apa tujuan anda menghemat uang.


Mirip dengan poin sebelumnya. Dalam menghemat uang, jangan artikan hal ini sebagai kegiatan yang sama sekali tak mengeluarkan uang atau sebuah motivasi untuk menomorduakan diri anda sendiri. Hal yang seharusnya terjadi saat anda menghemat uang adalah dengan mengurangi pengeluaran, meminimalisir nafsu belanja secara perlahan hingga akhirnya anda lupa bahwa diri anda tadinya adalah seseorang yang cukup boros.

4. Berpikir Semuanya Akan Ada Dengan Instan

Rasanya memang semua yang instan itu tidak bagus. Kesalahan menghemat uang yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah berasumsi bahwa semua akan memberi hasil dengan instan. Mereka berpikir bahwa dengan bersikap pelit dalam satu hari akan memberikan manfaat yang besar pada finansialnya. Padahal, inti dari menghemat uang bukanlah hal ini. Hal yang harus diikhlaskan untuk menyimpan uang adalah usaha dan waktu. Jika anda sudah menanamkan hal ini pada pikiran anda, maka anda akan sadar bahwa untuk bisa mengumpulkan sejumlah uang diperlukan waktu, bukannya satu atau dua hari saja.
Anda juga akan sadar bahwa menghemat uang bukan soal tidak belanja dalam waktu yang lama. Melainkan sebuah usaha untuk tidak konsumtif yang dilakukan setiap hari dan secara intens.

5. Percaya Bahwa Perubahan Itu Tidak Dibutuhkan

Salah besar jika seseorang yang ingin menghemat uang menilai bahwa perubahan tidak perlu dilakukan. Perubahan dari diri sendiri justru menjadi pokok atau landasan dalam menghemat uang yang akan membuat tabungan anda bertambah. Sangat penting merubah gaya hidup dan mulai selektif mana yang harus mengeluarkan uang dan mana yang tidak perlu. Terkadang orang lupa bahwa menghemat uang juga termasuk dalam gaya hidup. Seperti halnya jenis gaya hidup lainnya, gaya hidup yang baik (berhemat) akan tertanam secara otomatis dalam pikiran bahkan terkadang orang itu sendiri lupa akan tujuannya menghemat uang.


Kesalahan-kesalahan menghemat uang di atas tanpa disadari sering orang lakukan, dan mungkin anda juga selama ini melakukan kesalahan tersebut. Kini anda sudah tahu bahwa hal-hal tersebut salah. Mulailah melangkah dengan menghindari lima kesalahan di atas saat menghemat uang nantinya. Dan jika anda punya poin lain, silahkan anda tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih.


1 komentar: