Breaking News

Google+ Tutup, Segera Alihkan Profil Blogger Anda

Google+ adalah salah satu media sosial seperti Facebook dan Twitter yang biasanya di gunakan oleh para blogger untuk berbagi postingan dan juga saling berinteraksi dengan sesama blogger lainnya. akan tetapi belakangan ini saya mendapat pemberitahuan dari google, bahwa salah satu produknya yaitu Google+ akan ditutup. Hal ini terjadi dikarenakan adanya bug dan juga minimnya tingkat pengguna dalam menggunakan Google+ bila dibandingkan dengan situs jejaring sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. 



Baca juga : 5 Cara Jitu Menarik Pemasang Iklan Di Blog Anda

Pada awalnya saya hanya login seperti biasa ke halaman blog saya dan mendapatkan peringatan yang muncul di dasboard blogger yang berbunyi :

Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.  

Widget Google+ : Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+”, dan “Badge Google+” pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blog Anda. 

Tombol +1 : Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus. 

Komentar Google+ : Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger. Sayangnya, komentar yang diposting sebagai komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan muncul lagi di blog Anda.

Lalu saya login ke Google+ dan kemudian mendapatkan informasi ini :

Pada bulan Desember 2018, kami mengumumkan keputusan kami untuk mematikan Google+ untuk konsumen pada bulan April 2019 karena rendahnya penggunaan dan tantangan yang terlibat dalam mempertahankan produk yang sukses yang memenuhi harapan konsumen. Kami ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi bagian dari Google+ dan memberikan langkah selanjutnya, termasuk cara mengunduh foto dan konten lainnya. 
Pada tanggal 2 April, akun Google+ Anda dan halaman Google+ apa pun yang Anda buat akan ditutup dan kami akan mulai menghapus konten dari akun Google+ konsumen. Foto dan video dari Google+ di Arsip Album Anda dan halaman Google+ Anda juga akan dihapus. Anda dapat mengunduh dan menyimpan konten Anda, pastikan untuk melakukannya sebelum April. Perhatikan bahwa foto dan video yang dicadangkan di Google Foto tidak akan dihapus. 
Mulai 4 Februari, Anda tidak lagi dapat membuat profil, halaman, komunitas, atau acara Google+ baru. 
Jika Anda menggunakan Google+ untuk komentar di situs Anda atau situs lain, fitur ini akan dihapus dari Blogger paling lambat 4 Februari dan situs lain paling lambat 7 Maret. Semua komentar Google+ Anda di semua situs akan dihapus mulai 2 April 2019.


Dengan tutupnya Google+ ini maka akan berdampak pada blog yang telah para blogger buat saat ini. beberapa widget, komentar dan profil penulis semuanya terhubung dengan Google+ akan otomatis hilang. Account Google+ ini akan segera ditutup pada tanggal 2 April 2019. Oleh karena itu selagi masih ada waktu, bagi para blogger yang masih menggunakan profil Google+ di bloggernya, silahkan ganti ke profil Blogger

Cara memindahkan profil Google+ Ke Profil Blogger

Silahkan login dulu ke blogger anda -- buka dashboard -- klik menu setelan -- klik menu setelan pengguna -- Di menu umum, Profil pengguna pilih blogger dan klik tombol simpan setelan

Pada bagian profil pengguna ini juga anda bisa mengedit foto nama, dll sesuai keperluan.
Sekian Informasi kali ini semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. Mas mau nanya seupama saya nulis di eblogg dan saya tidak mempublikasinya di google+ apakah tulisan2 amatiran saya di eblogg akan ikutan dihapus oleh pihak google

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya sangat membantu saya.setelah saya pindahkan dari google ke eblogg,tulisan peringatanya sudah tidak muncul lagi.salam dari penulis amatiran asal-asalan Madiun mas heee

    BalasHapus