Breaking News

7 Cara Memotivasi Diri Untuk Bekerja Keras

Motivasi emang agak sulit dipahami. Hari ini mungkin anda merasakan motivasi, tapi besok mungkin motivasi anda bisa berkurang atau bahkan bisa hilang. Sekeras apa pun anda mencoba, menatap layar komputer, berkeinginan untuk mengetik, membuat sesuatu, mengembangkan ide, tanpa motivasi anda benar-benar tidak akan punya inspirasi dalam bekerja. Lebih parahnya lagi, anda bakal tidak peduli dengan hasil dari pekerjaan anda. Anda tidak tahu bagaimana membuat diri anda termotivasi lagi. 



Pada kesempatan kali ini saya akan memberi solusi nyata dan praktis untuk menggali motivasi yang hilang. Baca terus untuk 7 Cara yang akan membuat anda termotivasi dalam waktu singkat. 

1. Jangan Berpikir Tentang Ini Sebagai Kerja Keras 

Cara memotivasi diri saya untuk bekerja keras: Saya tidak menganggapnya sebagai kerja keras. Saya memikirkannya sebagai bagian dari menjadikan diri saya seperti yang saya inginkan. Setelah saya membuat pilihan untuk melakukan sesuatu, saya berusaha untuk tidak terlalu memikirkan seberapa sulit atau membuat frustrasi atau tidak mungkin dilakukan. Saya hanya berpikir betapa enak rasanya menjadi seperti itu, atau betapa bangganya saya melakukan itu. Jadikan keras terlihat mudah. 
Jika pekerjaan yang anda hadapi tidak dipandang sebagai pekerjaan yang membosankan, melainkan sebagai bagian dari proses jalur karier anda, maka mungkin energi yang dibutuhkan untuk melakukannya akan lebih mudah didapat. 

2. Buat Target Kecil Yang Menggigit 

Tentu saja anda harus memiliki Target yang sangat besar dan berani. Tetapi pastikan anda memecah target besar itu menjadi target-target kecil yang dapat dikonsumsi. Dengan cara ini anda akan merasa seperti anda membuat kemajuan dalam perjalanan anda dan anda juga akan merasakan pencapaian ketika anda menyelesaikan target yang lebih kecil. Perasaan kemajuan dan pencapaian adalah kombinasi yang indah, dan akan membuat anda termotivasi menghadapi target berikutnya. 
Menyelesaikan proyek besar itu menakutkan ketika anda tidak tahu harus mulai dari mana. Jadi, daripada berfokus pada target yang besar dan menakutkan, pecahkan target besar itu menjadi target-target yang dapat anda cerna satu per satu. 


3. Baca Berita 

Cobalah luangkan waktu anda 20-30 menit untuk membaca berita setiap pagi. Meskipun mungkin terdengar aneh dan tidak nyambung, menyisihkan waktu untuk membaca ketika yang sebenarnya anda cari adalah motivasi untuk bekerja keras, kadang-kadang perlu untuk melakukan sesuatu yang tampaknya tidak terkait dalam menyelesaikan tugas yang ada. Mengembangkan kebiasaan membaca sehari-hari adalah satu hal yang cenderung memiliki dampak jangka panjang pada proses berpikir anda, yang akhirnya menginspirasi anda dalam semua bidang kehidupan anda. 
Bagi yang tidak suka membaca, anda dapat menggantinya dengan menonton berita di pagi hari. Mungkin disana anda bisa menemukan sebuah inspirasi baru yang bisa membuat anda termotivasi menemukan inovasi baru dalam menunjang pekerjaan anda.

4. Berhenti Peduli Tentang Hal-Hal Yang Tidak Penting 

Melakukan hal-hal yang tidak berarti apa pun akan menguras energi kita. Lihatlah daftar tugas yang harus anda lakukan, temukan hal-hal yang tidak penting, dan singkirkan sebanyak mungkin kegiatan ini. Anda akan tetap termotivasi lebih konsisten jika anda mengerjakan kegiatan yang secara inheren bermakna atau merupakan bagian dari misi yang lebih besar. Perhatikan dengan cermat daftar anda, dan singkirkan segala sesuatu yang benar-benar mendemotivasi dan tidak perlu anda lakukan. 

5. Tetapkan Waktu Beristirahat

Tetapkan waktu beristirahat yang realistis untuk diri sendiri.  Berhentilah membahas pekerjaan, menjawab email setelah jam 8 malam, atau libur hari Minggu. Anda akan merasa lebih segar dan lebih produktif ketika membiarkan diri anda istirahat. Tidak realistis rasanya bekerja terus sepanjang waktu, anda juga perlu istirahat. Selain itu anda juga perlu waktu tidur yang cukup. Jika anda kurang tidur maka hal ini juga akan berdampak pada motivasi anda bekerja. Dan ternyata Tidur Dapat Membantu Anda Menyelesaikan Masalah.


6. Lakukan Saja

Untuk termotivasi untuk mulai melakukan sesuatu, dari pengalaman saya sendiri, trik paling efektif bagi saya adalah "Lakukan Saja" (terdengar basi, tetapi berhasil). Segera setelah anda berpikir sesuatu perlu dilakukan, lompatlah ke dalamnya, lakukan segera (tentu saja, dengan ketentuan bahwa kondisi tersebut layak). Anda tidak boleh memikirkan hal lain, menekan semua pikiran lain, membiarkan pikiran anda kosong, bertindak seperti robot. Ya, kedengarannya aneh, tetapi berhasil! Jika terlalu lama dipikirkan maka akan banyak perdebatan, apakah anda harus melakukannya sekarang atau seberapa banyak masalah dengan melakukannya, atau ada hal-hal lain yang lebih menyenangkan dan menarik untuk dilakukan selama tugas yang membosankan ini.  

7. Rayakan Kemenangan 

Mulailah mengakui semua kebaikan yang anda lakukan. Jangan mengabaikan hal-hal kecil. Maksud saya, berapa kali anda memarahi diri sendiri karena melakukan sesuatu yang kecil tapi tidak sempurna? Anda membutuhkan lebih banyak kemenangan dalam hidup anda. Ini akan memotivasi, mendorong, dan membantu anda melihat betapa cemerlang diri anda sebenarnya. Manjakan diri anda dengan hal-hal kecil dan jangan meremehkan betapa memuaskan rasanya merasakan kemajuan kecil.



Demikianlah 7 cara memotivasi diri kita agar kinerja kita bisa lebih meningkat lagi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, jangan lupa bagikan kepada teman-teman anda. Terimakasih

Tidak ada komentar