Breaking News

13 Cara Jitu Dapatkan Banyak Viewers Youtube

Ingin mendapatkan lebih banyak tampilan YouTube? Tidak ada keraguan kesempatan besar ada di sini. Hampir 1,5 miliar video ditonton  di YouTube setiap hari. Dan rata-rata penonton menonton lebih dari satu jam video setiap hari hanya di perangkat seluler mereka. Dengan angka seperti ini, bisa membuat frustasi melihat jumlah tayangan YouTube anda sendiri tetap rendah. Itulah sebabnya kami membuat panduan sederhana ini untuk membantu anda meningkatkan jumlah pemirsa anda. 


Mari kita mulai. 13 cara untuk mendapatkan lebih banyak tampilan YouTube


1. Dorong pemirsa yang ada untuk berlangganan 

Orang-orang yang sudah menonton dan menikmati video anda adalah potensi besar  penayangan untuk konten berikutnya. Begitu mereka berlangganan, mereka dapat diberi tahu setiap kali anda mengunggah konten baru. Ini akan menghasilkan tampilan instan setiap kali anda merilis video baru. Cara paling sederhana untuk membuat pemirsa berlangganan adalah, yah, minta mereka untuk berlangganan. Tambahkan ajakan untuk mengklik tombol subscribe di awal atau akhir video anda, atau bisa juga sertakan tautan dalam deskripsi video anda yang memudahkan mereka melakukannya.

2. Tanyakan kepada audiens anda apa yang ingin mereka lihat 

"Suatu hal yang menakjubkan terjadi ketika anda bertanya kepada orang-orang apa yang mereka butuhkan dan inginkan dan kemudian anda pergi dan membuatnya untuk mereka — mereka pikir anda membaca pikiran mereka!" Itulah yang dikatakan YouTuber terkenal, Graham Cochrane dalam sebuah wawancara dan menceritakan bagaimana ia meraih 23 juta tampilan. Memberikan konten yang ingin dilihat oleh audiens anda adalah cara yang tepat untuk membangun loyalitas pemirsa dan membuat orang kembali. Cochrane mendapat ide untuk konten baru dengan menyimpan komentar menarik dari saluran sosial dan situs webnya. Ketika daftar gagasan itu habis, dia bertanya kepada pelanggan dan penggemarnya apa yang ingin mereka lihat. Lalu dia membuat video yang mereka minta. Sederhana bukan? Dan sangat efektif.


3. Gunakan Playlists untuk membuat orang terus menonton 

Playlist atau daftar putar adalah cara yang sangat bermanfaat untuk mempermudah pemirsa memilih kategori video yang ingin di tonton. Playlist juga dapat mencegah penonton untuk pindah ke channel lain saat selesai menonton. Selain  itu Playlist ini juga akan berjalan secara otomatis ketika video yang sedang di tonton sudah habis maka akan berlanjut ke video berikutnya, dan tidak menutup kemungkinan akan menambah ratting view video kita nantinya. Jadi pada intinya adalah manfaatkanlah Playlist ini dengan sebaik mungkin. 

4. Gunakan Card, End Screen, dan Watermarks untuk mempromosikan video lain

Card dan End Screen keduanya merupakan peluang untuk mengarahkan pemirsa ke video anda yang lain, mendorong mereka untuk menonton lebih banyak. Dan Watermarks menawarkan kesempatan untuk mempromosikan saluran anda. Card berfungsi seperti pop-up yang muncul selama video itu, sementara End Screen muncul di akhir video. Watermarks muncul pada saat yang sama di semua video, di sudut kanan bawah.

5. Fokus pada Niche Anda 

Salah satu hal utama yang dilakukan pada saat membuat channel YouTube adalah menentukan Niche. Niche dapat dikatakan sebagai sebuah topik utama yang menjadi pembahasan kita dalam mengelola video YouTubeNiche juga sebagai penentu agar vlog atau video yang kita buat di YouTube dapat menjaring banyak penonton. memilih niche yang populer dan memiliki rating yang tinggi di search engine YouTube menjadi solusi untuk mendapatkan manfaat yang besar dari aktivitas ber-YouTube

6. Buat judul dan deskripsi Menarik

Tahukah anda, judul video YouTube berpengaruh terhadap kesuksesan video Anda. Ternyata judul bukan sekedar alat bantu yang memberikan deskripsi video. Judul  juga memiliki fungsi dan pengaruh besar bagi kesuksesan video anda. Judul seperti apa sih yang mengundang banyak viewers? Pernahkah anda melihat sebuah video YouTube hanya karena tertarik oleh judulnya? Pastinya pernah, terutama jika judul yang dibuat adalah jebakan dan tidak sesuai dengan isi video. Pastinya anda kesal saat menyia-nyiakan waktu untuk membuka video dengan judul yang menipu. Cara ini merupakan cara yang banyak digunakan untuk menarik viewers. Namun cara tersebut merupakan cara yang salah! Oleh karena itu, penting untuk membuat judul yang menarik namun tetap mendeskripsikan isi dengan benar.


7. Gunakan gambar thumbnail yang meyakinkan 

Orang tidak membaca online — mereka mencari. Dan ketika mereka mencari melalui daftar video untuk ditonton, mereka lebih cenderung untuk melihat lebih dekat pada video dengan gambar thumbnail yang meyakinkan. Alih-alih memilih salah satu gambar mini yang dibuat secara otomatis, anda dapat mengunggah gambar khusus untuk menarik perhatian pemirsa potensial.

8. Optimalkan saluran Anda 

Mengoptimalkan saluran YouTube anda sama pentingnya dengan mengoptimalkan setiap video. Untuk mengakses semua fitur optimisasi, anda harus memverifikasi akun anda.  Tambahkan saluran sosial anda (website, jejaring sosial) dan hubungkan ke akun YouTube anda untuk membantu memberikan kredibilitas. Buat gambar profil terbaik untuk saluran anda, ini akan membuat kesan bahwa anda tidak asal membuat video sembarangan, dan ada jaminan kepada penonton.

9. Memahami algoritma YouTube

YouTube menggambarkan algoritmanya sebagai “sistem pencarian dan penemuan.” Algoritma ini sangat didasarkan pada waktu menonton — berapa banyak waktu yang dihabiskan seseorang untuk menonton video anda, diukur dalam menit kumulatif yang ditonton. Setiap video yang diunggah — serta setiap saluran di YouTube — diberi peringkat berdasarkan waktu tontonan. Algoritma ini lebih cenderung memunculkan video anda ketika orang menghabiskan lebih banyak waktu menonton video anda dan juga video yang anda rekomendasikan dari saluran lain 

10. Bersosialisasi 

Apakah YouTube sebenarnya jejaring sosial? Jika anda ingin memaksimalkan tampilan YouTube, anda harus memperlakukannya seperti itu. Tanggapi komentar pemirsa, terutama jika seseorang mengajukan pertanyaan. Ini menunjukkan bahwa anda terlibat dengan audiens anda dan akan membantu membangun kredibilitas anda sebagai seorang ahli dalam niche anda. Anda juga harus mencari saluran YouTube lain yang memiliki niche sama. Berlangganan saluran ini dan komentari videonya. Jangan takut untuk mempromosikan video mereka jika anda pikir itu bisa berharga bagi pemirsa anda (ingat peningkatan algoritma tip nomor 9). Jika anda terlibat secara jujur, akan lebih mudah untuk menemukan dan diterima oleh komunitas YouTube yang telah menjadi rumah bagi pemirsa yang bersemangat serta penggemar baru yang potensial. 

11. Belajar dari YouTube Analytics 

Analitik YouTube akan memberi tahu anda video mana yang berkinerja terbaik, seberapa terlibat pemirsa anda, dan bahkan demografi pemirsa. Informasi ini dapat membantu anda mengasah strategi untuk meningkatkan keberhasilan dan mengurangi kegagalan. 

12. Promosikan video anda melalui saluran lain 

Jika ada memiliki akun media sosial, beri tahu mereka ketika anda memposting video baru di YouTube. Jangan lupa beri sedikit deskripsi yang membuat teman-teman anda di jejaring sosial terpancing untuk mengklik dan menonton video anda. Cara lainnya bisa juga dengan menampilkan video YouTube pada halaman yang relevan dari situs web anda, atau dalam posting blog yang dibuat untuk menemani dan menampilkan konten video. 

13. Coba dengan iklan YouTube 

Bagi anda yang mempunyai uang lebih, salah satu cara yang dijamin bisa mendatangkan lebih banyak penayangan YouTube adalah dengan membayarnya. Iklan YouTube mengekspos konten anda kepada pemirsa yang belum tentu ingin melihatnya. Dan anda dapat menggunakan opsi penargetan yang luas untuk menampilkan video anda. 


Dengan semua cara ini, anda berada pada posisi yang tepat untuk mulai menghadirkan lebih banyak tampilan YouTube. Namun perlu diingat bahwa tidak satu pun dari strategi ini akan efektif dalam membantu anda membangun penonton YouTube, kecuali anda menghasilkan konten yang hebat. Luangkan waktu dan upaya untuk membuat video yang benar-benar menarik bagi penonton.

Tidak ada komentar