Breaking News

Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan Custom Domain Untuk Blogspot

Sepertinya pembahasan ini sangat cocok sekali untuk para blogger baik yang sudah lama berkecimpung dalam dunia Blogging dan yang masih baru bergabung dalam dunia Blogging. Dahulu pernah sekali saya berpikir bahwa sama sekali tidak ada perbedaan yang mencolok dari kedua penggunaan domain, baik itu domain gratisan dan juga domain yang berbayar. Nah sahabat blogger tentu ini sebuah pertanyaan yang mungkin masih banyak ditanyakan oleh para blogger, terlebih untuk kalian yang masih awal dalam dunia blogging, tentunya kalian sama sekali tidak akan paham seperti apa saja dampak positif dan juga negatif melakukan pergantian atau custom domain gratisan dari Google menjadi lebih premium dengan embel-embel .Com / .Id / .Org / .net, dll. Tentunya semua blogger sudah memiliki alasan tersendiri untuk memilih salah satu custom domain seperti itu



Nah sahabat blogger, pada dasarnya kalau kalian masih pemula dalam dunia Blogger tentu saja kalian akan memilih langkah awal dengan menggunakan domain gratisan seperti Blogspot.com yang sudah disediakan oleh Google sendiri yang secara mudah bisa diakses semua orang baik itu orang dewasa bahkan anak kecil sekalipun. Dengan adanya domain gratisan ini kalian bisa mengekspresikan apa saja yang ada di dalam diri kalian dengan membuat sebuah blog yang lebih keren dan lain sebagainya. Tapi banyak juga blogger yang kurang suka dengan embel-embel yang yang diberikan oleh domain gratisan ini yaitu “Blogspot” untuk itu banyak sekali yang mencoba melakukan custom walaupun traffic blog mereka sudah bisa dibilang sukses. 

Baca Juga : Wanita Sukses Jadi Milliarder Dengan Blog Gratisan


Lantas apa saja  dampak yang akan terjadi jika kalian melakukan Custom domain ? Yuk kita lihat dua sudut yaitu dari sisi positif dan juga sisi negatifnya 

Dari Sisi Positif :

1. Lebih  Profesional

Yang jelas dari sisi positifnya sendiri, domain kalian akan lebih terlihat profesional dan juga lebih di percaya oleh orang lain. Kenapa kepercayaan harus membutuhkan domain berbayar ? Saya rasa ini hanya berlaku untuk blog yang mengarah ke sistem Bisnis internet marketing saja. Nah untuk itu jelas sekali embel-embel blogspot sudah tidak ada lagi dibelakang nama domain anda. Dan domain lebih terlihat simpel, Mudah di hafal orang dan tentu saja lebih SEO deh.


2. Menunjukan Sisi Keseriusan

Biasanya blogger yang sudah mengubah nama domain atau melakuan Custom domain sudah bisa dibilang blogger yang mencoba untuk keseriusan dalam bermain di dunia Blogging, terlebih kalau blogger tersebut sudah mempunyai tujuan sendiri misalnya untuk mendapatkan penghasilan dari blognya dan lain sebagainya.


3. Lebih Mudah terindex

Memang benar dengan domain berbayar, blog kamu akan lebih mudah terindex oleh Google. Hal ini terjadi karena Google akan lebih senang dengan blog yang sudah mempunyai otorisasi yang jelas. Itu sudah menjadi prinsip search engine sendiri, untuk itulah kenapa kamu harus membayar per tahun untuk setiap jangka waktu domain itu sendiri.

Dari Sisi negatif :

1. Blog kamu seperti baru

Karena berganti domain, sama halnya kamu membuat blog baru lagi sehingga butuh usaha keras untuk melakukan optimasi kembali. Tapi jangan ragu untuk mencobanya. Hal ini bukanlah sebuah masalah karena dalam beberapa hari pun peringkat blog anda sudah pasti akan kembali lagi seperti semula.


2. Trafik akan turun Drastis

Hal ini yang biasanya sangat ditakuti oleh semua blogger yang akan melakukan custom domain ke Domain TLD yang lebih tinggi. Mereka takut kehilangan traffic yang sudah bisa mereka raih setiap harinya. Untuk mengatasi  masalah tersebut kamu harus bisa mengalihkan domain lama ke domain baru yang bisa anda setting di akun blogger kalian.


Baca Juga : 8 Alasan Kenapa Harus Membeli Domain Untuk Blog Bisnis Anda

Sepertinya hanya itu saja yang bisa saya informasikan kepada teman-teman blogger mengenai kelebihan dan kekurangan melakukan sustom domain. Semoga melalui artikel ini bisa menambah pengetahuan anda dan juga bisa bermanfaat yah. selamat malam dan salam sukses.

Tidak ada komentar