Breaking News

5 Faktor Pendukung Kekompakan Dalam Tim Kerja

Halo sobat bisnis. Untuk mewujudkan tujuan perusahaan yang diinginkan, terkadang kita dituntut untuk bekerja secara tim dengan orang lain. Kerjasama tim kerja yang baik sangat dibutuhkan dalam pencapaian target. Kita pun dituntut harus bisa bekerjasama dengan tim, karena sebuah tim kerja yang kompak akan lebih lancar ketika memecahkan persoalan dan menggali ide-ide yang inovatif. Di sisi lain, membangun tim kerja yang solid bukanlah pekerjaan yang mudah. Tak jarang sebuah tim kerja baru menemukan kekompakan mereka setelah beberapa lama bekerja bersama. Kekompakan sebuah tim kerja juga harus didukung oleh perusahaan. Jika perusahaan tidak mendukung, maka sesolid apa pun tim kerja di bawahnya akan berantakan. Dibawah ini akan saya jelaskan faktor pendukung apa saja yang bisa membuat sebuah tim kerja dalam perusahaan semakin baik


1. Kondisi Kerja yang nyaman

Perusahaan harus bisa memberikan lingkungan kerja yang nyaman bagi para karyawannya. Dengan kondisi nyaman tersebut maka tim kerja yang ada di perusahaan tersebut akan bisa bekerja dengan baik.  Jika kondisi kerja tidak nyaman, tak jarang kerja tim menjadi sedikit berantakan. Hal itu bisa dikarenakan para anggotanya tengah merasa tertekan. Untuk itu kondisi kerja yang nyaman sangat dibutuhkan. Dengan begitu, para tim kerja bisa lebih tenang dalam menyelesaikan tugas harian dan target kerja bisa cepat tercapai.


2. Perintah yang Jelas

Perintah yang jelas harus dilakukan untuk pencapaian tujuan perusahaan yang baik. Jika perintah atasan tidak jelas akan berakibat pada bingungnya sebuah tim kerja. Bisa jadi hasil yang karyawan anda buat tidak sesuai dengan tujuan perusahaan karena perintah yang tidak jelas. Begitu juga bagi divisi yang kedatangan orang baru, berikanlah pada mereka perintah dengan jelas. Kemudian sampaikan juga hal-hal yang seharusnya mereka capai. Hal ini dilakukan agar orang baru tersebut cepat mengerti dan beradaptasi dengan job desk baru sehingga tim kerja menjadi cepat solid. Selain itu, disarankan pula agar para manajer memberi gambaran tentang kekuatan tim lainnya sehingga antar tim bisa saling bekerjasama untuk membantu satu sama lain.

3. Pelatihan dari Perusahaan

Sebuah pelatihan juga sebaiknya diberikan kepada para karyawan baik karyawan lama maupun karyawan baru. Dengan pelatihan tersebut diharapkan para karyawan bisa mendapatkan ilmu yang baru yang berguna bagi pekerjaannya. Selain itu juga pelatihan ini bisa membuat motivasi karyawan semakin bertambah. Tentunya ini juga sebuah keuntungan bagi perusahaan.


4. Organisasi Tim yang Terstruktur

Sebuah perusahaan harus memiliki struktur organisasi yang jelas. Perusahaan dengan struktur organisasi yang jelas juga membuat kerja tim jadi lebih solid. Karena dengan begitu, para karyawan akan fokus pada pengembangan dan penyelesaian job desk masing-masing. Jika ada beberapa karyawan yang kerjanya merangkap bisa jadi suatu waktu akan timbul permasalahan.

5. Perusahaan yang Mendukung

Untuk menciptakan kerjasama tim yang solid, sebuah perusahaan tidak akan bisa hanya mengandalkan para anggota / karyawannya saja yang mengusahakan. Pihak perusahaan juga harus ikut andil atau timbal balik kepada karyawannya. Perusahaan bisa membangun kekompakan para karyawan melalui kebijakan yang mereka keluarkan. Misalnya dengan memberi liburan atau outing bersama satu sampai dua kali setahun.


Demikianlah 5 faktor pendukung yang bisa membangun kekompakan dalam tim kerja. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih 

Tidak ada komentar