Breaking News

Tips Membangun Bisnis Dari Awal Hingga Sukses

Halo sobat bisnis. Seperti kita ketahui bersama bahwa sebuah bisnis tidak pernah stagnan. Bisnis akan selalu bergerak baik ke satu arah atau arah yang lain. Baik menuju sukses atau menjauh dari itu. Semua orang pasti ingin sukses dengan bisnis yang dijalaninya. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips lengkap bagaimana untuk terus bergerak menuju sukses. Apapun jenis bisnis anda, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dicapai pada setiap tingkat perkembangan bisnis Anda. 


Sebelum Anda Mulai Bisnis Anda

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tahap ini:

1. Buatlah rencana anda sendiri. Keberhasilan setiap bisnis adalah dambaan semua orang. Hal ini membutuhkan perencanaan yang baik. Anda tidak bisa memutuskan untuk memulai bisnis dan segera berhenti dari pekerjaan anda. 

2. Jangan terlalu cepat mengambil banyak biaya. Jangan lari keluar dan menyewa sebuah bangunan jika anda dapat melakukan pekerjaan yang sama di rumah. Akan tiba waktunya bisnis anda berkembang dan bisa membuat kantor sendiri. Ambil biaya dan kewajiban yang mutlak diperlukan.

3.  Lakukan Penelitian dan riset tentang apa yang dibutuhkan orang saat ini? Apa yang lagi jadi trend saat ini? Produk atau Jasakah? Kumpulkan data sebanyak mungkin dengan berbagai cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya dengan melakukan survei.

4.  Jangan memulai bisnis dengan modal dari hasil Kredit. Banyak bisnis dimulai dengan uang dari kartu kredit, pinjaman anggota keluarga dan investor. Jika anda mengambil ini pada akhirnya anda harus mampu membayar mereka kembali. Pikirkan juga bunga pinjaman yang harus anda tanggung 

5. Jangan terjebak laba kotor. Jika anda memiliki produk yang bisa dijual dengan harga 20 dan anda bisa menjual 100 per bulan anda akan memiliki 2.000. Nah, anda tidak akan memiliki 2.000; Anda memiliki 2,000 sebelum biaya. Anda mungkin hanya akan mendapat 1000 atau kurang. Bahkan bisnis berbasis rumah sederhana dapat memiliki banyak biaya tetap dan variabel. Pikirkan bagaimana anda bisa mengurangi biaya. Anda harus tahu berapa banyak usaha yang harus anda lakukan untuk mencapai titik impas. 

6. Pastikan anda tetap berada di bawah hukum. Jangan berhemat pada izin usaha atau persyaratan lain untuk membuat anda bisnis yang legal. Cobalah berpikir untuk mematenkan produk anda secara hukum agar produk anda tidak bisa dicuri oleh orang lain

Memulai Dan Menjalankan Bisnis


Ini adalah tahap paling penting dari kehidupan bisnis anda. Percuma anda mempunyai segara rancangan bisnis jika tidak dimulai. Tapi hati-hati juga, Selama tahap ini banyak juga bisnis yang gagal. Uang anda habis sebelum bisnis dapat mencapai break even point dan menjadi mandiri. Kadang-kadang satu insiden dapat menempatkan Anda keluar dari bisnis. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memulai bisnis

1. Anda tidak bisa menjalani bisnis anda sendiri selamanya - Cepat atau lambat anda akan membutuhkan bantuan. Sulit untuk mulai mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain karena anda yakin bahwa tidak ada yang bisa melakukannya sebaik anda. Mungkin benar, tetapi agar bisnis bisa bertahan hidup, hal ini harus dilakukan.

2. Pastikan anda dibayar segera. Jika anda melakukan layanan yang pantas untuk dibayar tepat waktu, jangan biarkan menjadi piutang. Piutang yang besar akan menghambat kemajuan bisnis anda. Ini adalah darah kehidupan bisnis Anda.

3. Capailah titik impas. Ini adalah tujuan utama. Jalankan bisnis sampai ke titik impas. Bisnis tidak dapat mengambil uang anda selamanya. Cepat atau lambat bisnis harus bisa mandiri. Semakin cepat ini tercapai, semakin baguslah bisnis anda. 

4. Hadiahi diri Anda sendiri. Semua usaha dan kerja keras pantas menerima sesuatu. Setiap ada keberhasilan yang dicapai, rayakanlah. Tidak perlu mewah, tapi setidaknya hal itu bisa menjadi motivasi baru bagi anda.

Baca Juga : 16 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Blog

Mengembangkan Bisnis Anda

Jika bisnis anda telah melewati break even point, selamat. Sekarang saatnya untuk berpikir tentang perkembangan bisnis. Setiap orang pasti ingin mengembangkan bisnisnya 

Untuk tahap mengembangkan bisnis, saya tidak akan menuliskannya disini. Karena sudah ada artikel yang membahas artikel ini sebelumnya. Silahkan anda berkunjung ke 9 Tips Mengembangkan Bisnis Anda


Sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terimakasih

Tidak ada komentar