Breaking News

Apa Itu Alexa Rank, Dan Seberapa Pentingnya

Halo sobat bisnis, pada kesempatan kali ini saya ingin lebih mengenalkan apa itu Alexa Rank, dan seberapa penting Alexa rank buat situs anda. Mohon maaf jika ada kesalahan, tapi saya akan coba semampu saya menjelaskannya. Setiap orang yang mempunyai situs pasti ingin membuat situsnya terkenal. Beberapa diantara mereka sibuk mencari cara bagaimana agar situs mereka bisa masuk SERP Google, sebagian lagi sibuk untuk merampingkan situsnya di Alexa.  Sebenarnya tujuan setiap orang ini adalah sama yaitu untuk bisa terkenal di dunia online dan mencapai kesuksesan finansial.



Apa itu Alexa Rank?

Alexa Rank adalah sistem peringkat yang ditetapkan oleh alexa.com (anak perusahaan amazon.com) yang pada dasarnya audit dan membuat frekuensi kunjungan publik di berbagai situs web. Algoritma yang digambarkan sebagai peringkat lalu lintas Alexa dihitung secara  sederhana. Hal ini didasarkan pada jumlah lalu lintas yang tercatat dari pengguna yang memiliki Alexa toolbar terinstal di komputernya.

Peringkat Alexa ini didasarkan pada parameter seperti jumlah pengunjung dan banyaknya jumlah tampilan halaman. Peringkat Alexa sebuah situs berubah setiap hari mengacu pada jumlah pengguna Alexa yang mengunjungi situs tersebut dalam satu hari. Alexa.com juga menjelaskan bahwa meskipun pengguna tertentu mengunjungi URL yang sama beberapa kali pada hari yang sama, semua kunjungan tersebut akan dihitung sebagai satu.

Bagaimana Alexa Ranking Bekerja?
Caranya sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs alexa.com dan download (menginstal) Alexa toolbar. Toolbar ini akan menampilkan peringkat (pada tingkat global) dari situs yang anda kunjungi, serta situs yang telah dikunjungi oleh peselancar Web.
Alexa toolbar tidak hanya menampilkan informasi, tetapi juga mengirim data ke server pusat (Alexa). Jadi, setiap kali anda mengunjungi halaman sebuah situs melalui browser (Internet Explorer,Firefox, dll) yang memiliki toolbar diinstal, informasi akan dikirim ke server menunjukkan IP anda dan halaman yang anda kunjungi. Data tersebut dikumpulkan dari seluruh pengguna Web yang memiliki Alexa toolbar.

Anda juga dapat mendaftarkan situs yang anda punya di Alexa untuk mengetahui peringkat situs anda. Dengan Alexa, semakin kecil peringkat anda, semakin baik. Kebanyakan orang mengatakan bahwa jika anda berhasil membuatnya di bawah 100.000, itu adalah tanda bahwa situs anda mempunyai lalu lintas yang cukup padat.



Mungkin tidak semua orang memiliki Alexa toolbar jadi mungkin ada jutaan situs yang memiliki banyak lalu lintas, tapi peringkatnya masih dianggap buruk oleh Alexa. Hal ini yang menyebabkan banyak orang mengatakan bahwa Alexa Rank tidak akurat dan bahwa lalu lintas Alexa dapat "dimainkan".

Jika Anda ingin merampingkan peringkat Alexa anda, Anda hanya perlu mengikuti beberapa cara yang cukup sederhana, seperti:

1.  Men-download dan menginstal Alexa toolbar dan kemudian surfing situs anda sendiri.
2.  Tempatkan widget Alexa di situs anda. Ini akan menarik pengunjung untuk memeriksanya

3. Menulis artikel yang berkualitas. Artikel yang berkualitas akan membuat orang tertarik mempromosikannya di forum webmaster dan situs jejaring sosial. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin komputer yang memiliki toolbar Alexa mengklik link anda.

4. Menulis artikel dan label di blog anda yang khusus membahas tentang Alexa. Anda akan mendapatkan link ke halaman anda yang akan membantu meningkatkan peringkat Alexa anda.

5. Cobalah untuk membagikan artikel anda pada situs-situs jaringan sosial seperti digg.com,

6. Beritahu teman anda tentang Alexa toolbar dan jelaskan apa kegunaanya. Setelah mereka men-download dan menginstalnya pada komputer mereka, kemudian buat mereka untuk mengunjungi situs anda. Jika bisa, buat mereka mengunjungi situs anda setiap hari.

7. Pada saat posting di forum-forum, gunakan Alexa redirect. Ini berarti menempatkan http://redirect.alexa.com/redirect? di depan URL situs anda. Dengan demikian, Alexa akan mempertimbangkan klik pada link anda meskipun pengunjung tersebut tidak memiliki Alexa toolbar.

Demikianlah yang bisa saya bagikan mengenai Alexa Rank sebatas pengetahuan saya. Semoga ini bisa membantu anda lebih mengenal Alexa Rank. Terimakasih. 

Tidak ada komentar