Breaking News

10 Penyebab Kenapa Bisnis Anda Bisa Gagal

Hai sobat bisnis. Mempunyai bisnis sendiri adalah dambaan banyak orang. Hampir semua orang ingin punya bisnis sendiri dan bisa menjadi sukses dengan bisnis yang mereka jalankan. Akan tetapi, tidak semua bisnis yang dijalankan akan berujung kepada  kesuksesan. Banyak hal yang bisa menyebabkan anda gagal. Melalui artikel ini, saya ingin membagikan apa saja penyebabnya yang bisa membuat anda gagal dalam bisnis. Kegagalan dalam bisnis tentunya bukanlah tujuan yang ingin anda raih. Pastinya anda ingin mencapai target sebaliknya yaitu Kesuksesan.



Berikut ini adalah 10 Hal yang bisa membuat anda gagal dalam bisnis :

1. Tidak ada rencana bisnis

Setiap bisnis haruslah dibuat rencaranya terlebih dahulu. Apapun jenis usaha anda, produk atau jasa, tetaplah anda harus membuat rencana bisninya. Apa jadinya jika bisnis yang anda jalankan tidak mempunyai rencana? Tentunya semua akan berjalan secara acak-acakan. Anda pasti tidak mau hal ini terjadi. 

2. Alasan yang salah

Memulai bisnis hanya karena anda ingin menjadi kaya dapat menyebabkan kegagalan, di mana anda akan selalu mencari skema yang dapat membawa keuntungan bagi anda tanpa memperdulikan hal lain. Pikirkan juga tentang minat konsumen, bagaimana meningkatkan kualitas produk dan jasa anda. Ingin cepat meningkatkan keuntungan tetapi dengan cara menurunkan kualitas produk dan jasa anda tentunya akan membuat kerugian bagi anda.

3. Manajemen yang tidak efisien

Pebisnis biasanya datang ke industri mereka dengan sedikit atau tanpa pengetahuan tentang penanganan beberapa aspek dari bisnis yang mereka jalankan. Seperti manajemen keuangan, hubungan karyawan, periklanan dan tanggung jawab penting lainnya. Cobalah menambah ilmu anda sendiri melalui kursus, atau menyewa manajer yang memiliki keahlian di bidang di mana anda merasa kurang.

4. Kurangnya Modal

Beberapa pebisnis kurang sabar untuk memulai bisnisnya. Mereka juga terlalu optimis jika bisnis yang mereka jalankan akan terus berjalan, hingga pada akhirnya mereka kekurangan modal. Seharusnya sebelum memulai bisnis, para pebisnis mengetahui secara detail berapa jumlah modal yang dibutuhkan, agar tidak berhenti di tengah jalan.

5. Salah Lokasi


Hal ini tidak cukup, mendirikan toko di lokasi dengan lalu lintas manusia tinggi atau dengan sewa sangat murah. Membuka sebuah restoran di dekat kampus atau sekolah bisa tampak seperti ide yang baik, tapi jangan berharap terlalu banyak pelanggan jika makanan mahal dan ada alternatif yang jauh lebih murah disekitar anda. Anda perlu mempertimbangkan target pasar anda dan kebiasaan mereka, serta kompetisi langsung di daerah. 

6. Kurang Online

Seiring perkembangan media informasi, seperti Internet. Orang-orang terbiasa untuk menemukan segala sesuatu di Internet dengan komputer dan perangkat mobile mereka. Jika bisnis anda tidak memiliki website atau setidaknya halaman media sosial, akan membuat bisnis anda tidak akan terlihat dan kalah dari bisnis-bisnis pesaing anda. Anda dapat menyewa profesional untuk membuat website untuk anda atau membuat website sendiri. Membuat akun untuk bisnis anda di Facebook, Twitter dan media sosial terkemuka lainnya di mana target pasar anda biasanya dapat ditemukan.


7. Pertumbuhan yang tidak terkendali


Pertumbuhan bisnis merupakan harapan dari semua pebisnis. Anda juga harus hati-hati dengan pertumbuhan ini. Jika bisnis anda mengalami sukses besar, jangan terlalu bersemangat untuk menghabiskan keuntungan anda dengan segera membeli peralatan yang lebih atau membuka toko baru. Tetaplah fokus pada strategi yang telah anda tentukan sehingga anda masih dapat tumbuh tanpa membangkrutkan bisnis anda.

8. Mengabaikan keuangan

Keuangan adalah darah bagi kehidupan bisnis anda. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi pebisnis melatih diri tentang pencatatan keuangan. Tahu persis berapa banyak uang yang masuk dan keluar dari bisnis anda dengan benar akan mendukung setiap keputusan yang akan anda buat.

9. Kinerja Karyawan

Memiliki rencana bisnis yang besar akan pecuma jika anda hanya didukung oleh karyawan yang malas, tidak sopan, dan tidak terkendali. Hal ini tidak hanya mengurangi produktivitas, tetapi juga akan memiliki efek negatif pada lingkungan kerja dan hubungan pelanggan / klien. Karena itu pilihlan karyawan yang berkualitas, atau dengan pelatihan yang bisa memberikan output yang baik dari masing-masing karyawan.

10. Kurang Pemasaran

Sebuah bisnis apapun jenisnya, perlu yang namanya memasarkan merek untuk bisa bertahan atau lebih maju lagi mengingat persaingan ketat yang selalu menghadang. Anda perlu berinvestasi untuk mempromosikan produk anda melalui saluran yang tepat. Hal ini dilakukan agar target pasar anda tahu persis bahwa anda dapat memenuhi kebutuhannya. Pemasaran online adalah keharusan untuk saat ini, tetapi Anda tidak boleh mengabaikan metode pemasaran tradisional seperti brosur, selebaran dan kartu nama.


Demikianlah 10 penyebab anda bisa gagal dalam bisnis. Semoga artikel ini bisa berguna bagi anda. Terimakasih

Tidak ada komentar