Breaking News

Desa Yang Punya Matahari Sendiri

Matahari adalah sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh semua mahluk hidup. Bayangkan apa yang terjadi jika tidak ada matahari, maka kehidupan tidak akan berjalan normal. Tetapi tetap saja yang namanya manusia yang diberi akal oleh sang pencipta, akan tetap berusaha untuk bisa bertahan hidup. Sepeti contoh satu ini sebuah desa di Italia bernama desa Viganella, sebuah desa yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan karena mempunyai matahari sendiri.Loh koq bisa??




Desa Viganella adalah sebuah desa yang letaknya didasar lembah. Desa Viganella ini terletak di sebuah lembah yang ada di Piedmont, provinsi Verbano-Cusio-Osolla, Italia. Letaknya yang kurang strrategis membuat desa ini hampir tidak pernah disinari oleh matahari. Dan pada saat musim dingin datang, penduduk desa ini akan mengalami rasa dingin yang sangat luar bisa.

Baca Juga : Rjukan, Kota Kecil Dengan Matahari Buatan Manusia

Lalu sebuah ide cemerlang muncul dari seorang arsitek bernama Giacomo Bonzani. Dia mempunyai ide membuat matahari untuk desa Viganella. Awalnya banyak yang membantah ide ini, akan tetapi Bonzani merasa yakin bahwa idenya ini akan berhasil.

Bonzani membuat sebuah cermin raksasa yang bisa memantulkan cahaya matahari ke arah desa yang ada di dasar lembah. Cermin raksasa itu kemudian dijuluki oleh masyarakat sekitar sebagai matahari buatan. Cermin raksasa ini nantinya akan dikendalikan oleh perangkat komputer untuk mendeteksi dimana sumber matahari yang nantinya akan secara otomatis dipantulkan ke arah desa Viganella.


Ide kreatif Bonzani ini ternyata berhasil. Desa Viganella bisa disinari matahari sekarang. Hal ini juga yang membuat banyak wisatawan ingin mengunjungi desa Viganella untuk melihat keberhasilan dari ide kreatif Bonzani.





Sekarang desa Viganella pun menjadi hangat. Desa ini sekarang menjadi desa yang indah dengan hawanya yang sejuk. Desa ini sekarang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun dari mancanegara.


Tertarikkah anda mengunjunginya? Jika tertarik silahkan menabung dulu dari sekarang

2 komentar:

  1. Bagus sekali pemabdanganya om, matahari terbitnya indah
    samalam www.forbisnis.com

    BalasHapus